Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Randugunting dan Pasar Johar

- Kamis, 6 Januari 2022 | 22:32 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Randugunting di Blora (Tangkapan layar you tube sekretariat presiden)
Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Randugunting di Blora (Tangkapan layar you tube sekretariat presiden)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Blora. Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada Rabu, 5 Januari 2022.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dorong RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual Segera Disahkan

Bendungan yang dibangun sejak tahun 2018 menghabiskan anggaran Rp 880 miliar. Menurut data dari Kementerian PUPR embangunannya terbilang cepat bahkan selesai lebih cepat dari jadwal.

Bendungan Randugunting memiliki luas genangannya 187,19 hektare yang dapat menampung air hingga 14,4 juta meter kubik.

Saat meresmikan bendungan itu, pada siang hari, Presiden Jokowi menyempatkan diri naik perahu naga untuk menikmati luasnya waduk di bendungan Randugunting.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi berharap kehadiran Bendungan Randugunting akan memenuhi kebutuhan air sawah sehingga hasil pertanian dapat mewujudkan ketahanan pangan.

Bendungan Randugunting Blora (tangkapan layar you tube sekretariat presiden)

Diinformasikan Bendungan Randugunting dapat mengairi sekira 650 hektare sawah yang ada di sekitar kabupaten Blora, Pati, dan Rembang. Selain itu bendungan itu berfungsi untuk mengurangi banjir sekaligus sarana konservasi. Fungsi sertaan lainnya yakni bendungan Randugunting dapat menjadi destinasi wisata.

Sore harinya pada hari yang sama Presiden Jokowi meresmikan Pasar Johar di Kota Semarang. Dia menyatakan gembira dapat melihat langsung dan meresmikan Pasar Johar di Kota Semarang, Jawa Tengah yang sudah direvitalisasi.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X