Cegah Omicron Menyebar di Jateng, Gubernur Ganjar Minta Warga Terapkan Protokol Kesehatan

- Kamis, 23 Desember 2021 | 19:50 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (gesuri.id)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (gesuri.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Semarang. Virus Covid-19 varian Omicron telah masuk di Indonesia. Saat ini pengidap virus itu masih di pusat karantina Jakarta dan belum menyebar ke daerah-daerah.

Kendati belum masuk ke daerahnya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta warga tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga: Kasus Covid 19 Omicron di Indonesia Bertambah 3 Orang , dari Mana Asalnya

"Alhamdulillah dari perangkat yang kita miliki, sampai hari ini di Jawa Tengah belum ditemukan (Omicron), tapi kita mesti waspada," kata Ganjar di Semarang, pada Rabu, 22 Desember 2021.

Sebagai salah satu antisipasi masuknya Omicron ke Jateng, pihaknya terus melakukan sampling dengan "whole genome sequence" dan sampai hari ini, tidak ditemukan kasus varian Omicron yang terkonfirmasi.

Ganjar juga meminta warganya tetap berada di rumah masing-masing selama libur Natal dan tahun baru guna mencegah bertambahnya kasus COVID-19.

"Libur Natal dan libur tahun baru, kita di rumah masing-masing itu cukup bisa membantu. Saya tahu dua tahun ini sangat melelahkan, saya paham betul. Dua tahun ini masyarakat ini merasa terkunci terkungkung, tapi ingin saya sampaikan bahwa pandemi belum usai, kita tidak boleh patah semangat," ujarnya.

Baca Juga: PPKM 3 Serentak Batal, Pemerintah Terbitkan Aturan Terbaru Terkait Nataru

Senada dengan Ganjar, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengingatkan warga provinsi setempat untuk mewaspadai persebaran Omicron menjelang libur Natal dan tahun baru yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X