Badko LPQ Kabupaten Demak : Bantuan Honor Guru TPQ perlu diadakan

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 20:02 WIB
Badko LPQ Kabupaten Demak saat bersilaturahim sekaligus audiensi dengan Ketua DPRD Demak H Fahrudin BS, membahas upaya peningkatan kualitas pengajaran dan jaminan mutu TPQ (Wawasanco)
Badko LPQ Kabupaten Demak saat bersilaturahim sekaligus audiensi dengan Ketua DPRD Demak H Fahrudin BS, membahas upaya peningkatan kualitas pengajaran dan jaminan mutu TPQ (Wawasanco)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Demak. DPRD Demak menerima kunjungan Pengurus Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Qur'an (Badko LPQ) Kabupaten Demak pada Kamis, 28 Oktober 2021. Rombongan Badko diterima Ketua DPRD Demak H Fahrudin BS.

Dalam kunjungan itu, Ketua Badko LPQ Kabupaten Demak H Taufik Rifai mengapresiasi adanya bantuan operasional yang bersumber anggaran aspirasi Ketua DPRD Demak senilai Rp 100 juta.

Menurutnya bantuan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan jaminan standar mutu TPQ. Untuk keperluan itu bantuan dana telah digunakan untuk Training Of Trainer (TOT) atau bimbingan teknis asesor akreditasi Tempat Pendidikan Qur'an (TPQ.

Lebih lanjut H Taufik memaparkan bahwa 502 TPQ yang tersebar di Kabupaten Demak selama ini berjalan apa adanya. Mereka belum terkelola dengan baik. Operasional ditanggung secara swadaya, meski di beberapa desa ada dukungan anggaran dari pemerintah desa.

Pada saat sama, pengurus Badko LPQ Kecamatan Gajah Izatin mengharapkan selain operasional, hendaknya guru TPQ juga mendapat bantuan honor. Hal itu perlu sebagai bentuk perhatian dan berguna untuk memunculkan semangat dalam diri guru TPQ

Menanggapi aspirasi itu, Ketua DPRD Demak H Fahrudin BS menyatakan dukungannya. Baginya para ustadz dan ustadzah yang mendidik ilmu agama dan akhlak bagi anak usia dini itu sudah semestinya kesejahteraannya mendapat perhatian.

Ibaratnya jer basuki mawa bea. Peran dan perjuangan mereka mempersiapkan generasi sholeh sholehah berakhlakul karimah patut mendapatkan reward.

"Hanya saja perlu adanya pendataan, agar dana hibah yang disesuaikan kemampuan daerah tepat sasaran dan tidak ada satu orang menerima dobel honor karena mengajar di dua tempat atau lembaga," kata politisi PDIP itu.

Lebih lanjut H Fahrudin menambahkan, mengingat keterbatasan anggaran daerah, maka peran serta masyarakat juga dibutuhkan. Karena terwujudnya generasi berkualitas pendidikan, moral dan akhlaknya merupakanAudiensi ke DPRD, Badko LPQ Kabupaten Demak Harapkan Kesejahteraan Guru TPQ Diperhatikan tanggung jawab bersama.***

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: WAWASANCO

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X