Jawa Tengah Termasuk Wilayah Terdampak La Nina, Curah Hujan Meningkat Sampai 40 Persen

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 09:50 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berdiskusi dengan BMKG (Jatengprov.go.id)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berdiskusi dengan BMKG (Jatengprov.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGANG-Semarang. Fenomena La Nina diperkirakan juga melanda  wilayah Jawa Tengah. Dampaknya Sampai pada Desember mendatang diperkirakan, curah hujan di Jateng akan meningkat hingga 40 persen.

Kepala BMKG Indonesia, Dwikorita Karnawati saat menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di rumah dinas Puri Gedeh, Jumat, 22 Oktober 2021, menjelaskan, curah hujan di Jateng akan terus meningkat hingga Desember.

Dwi mengatakan Mulai bulan Oktober penambahan curah hujan mengguyur di wilayah bagian selatan, Cilacap Banyumas dan sekitarnya. Kondisi tersebut akan terus meningkat dan puncaknya pada Desember.

Pada bulan November semakin meningkat, Desember hampir merata di seluruh wilayah Jawa Tengah. Peningkatannya curah hujan bulanan lebih dari 40 persen.

Usai bertemu Ganjar, Dwikorita mengapresiasi langkah-langkah persiapan yang telah dirancang oleh Pemprov Jateng.

Dwi mengatakan Ganjar sudah memiliki planning-planning tapi yang penting peringatan dini ya terus di sampaikan. Jadi setiap hari memberikan peringatan dini atau perkembangan cuaca, prakiraan cuaca.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyampaikan apresiasi kepada BMKG, yang konsisten memberikan laporan terkait perkembangan dan perkiraan cuaca.

Ganjar berpesan, mengingat Banjarnegara dan Purbalingga sudah terjadi longsor, dan ada kemungkinan akan makin banyak di wilayah  Jawa Tengah, maka semua mesti hati-hati sampai pada puncak di bulan Desember.

Ganjar mengatakan, informasi-informasi dari BMKG itu juga mesti disampaikan hingga tingkat desa. Sehingga masyarakat benar-benar siaga dan waspada.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jawa Tengah Gelar Popda yang diikuti 1.025 Atlet Pelajar

Selasa, 16 November 2021 | 21:42 WIB
X