Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Purbalingga Mengalami Perbaikan seiring Melandainya kasus Covid 19

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 20:03 WIB
Bank Indonesia (BI) Purwokerto bersama Pemkab Purbalingga menggelar High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Purbalingga  (Joko Santoso)
Bank Indonesia (BI) Purwokerto bersama Pemkab Purbalingga menggelar High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Purbalingga (Joko Santoso)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN. Purbalingga. Kondisi perekonomian di Kabupaten Purbalingga mulai membaik akhir-akhir ini. Indikator makro dan mikro menunjukkan arah pergerakan dunia usaha ke arah tren yang positif. Situasi itu terjadi seiring dengan melandainya kasus Covid-19 di Purbalingga.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia  (BI) Purwokerto Samsun Hadi, kegiatan usaha di Kabupaten Purbalingga mengalami peningkatan signifikan, terutama pada triwulan II tahun 2021. Hal itu didasarkan pada Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU).

Hadi menyampaikan, meski pada triwulan III ada penurunan ekonomi akibat PPKM Darurat, namun memasuki akhir September pertumbuhan ekonomi Purbalingga sudah membaik lagi.Fakta-fakta itu mengemukan dalam acara  High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Purbalingga di Ruang Rapat Ardi Lawet, Selasa kemarin lusa.

Lebih lanjut Hadi memaparkan data-data yang menunjukkan perekonomian Purbalingga mulai membaik. Di antaranya konsumsi rumah tangga yang bertambah. Hal itu terbaca dari menguatnya Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) terhadap kondisi perekonomian saat ini dan masa mendatang.

Tumbuhnya ekonomi Purbalingga tak lepas dari stimulus fiskal pemerintah melalui bantuan sosial  seperti bantuan kebutuhan pokok, bantuan tunai, maupun subsidi listrik. Belanja itulah yang menahan penurunan tingkat konsumsi masyarakat berpenghasilan rendah.

Data senada juga ditunjukkan Prompt Manufacturing Index (PMI) sebagai salah satu indikator perkembangan industri pengolahan. PMI tahun 2021 lebih baik dibanding tahun lalu yang berada pada level kontraksi (indeks <50). Tahun ini PMI mengalami  peningkatan ke level ekspansi.

Selain itu  pertumbuhan kredit UMKM di Kabupaten Purbalingga sudah mengalami tren peningkatan dengan pertumbuhan sebesar 10,67% pada Agustus 2021. Begitu juga porsi pembiayaan perbankan juga meningkat. Pada posisi Agustus 2021, penyaluran kredit modal kerja tercatat tumbuh sebesar 27,84% (year on year), meningkat cukup signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Sekretaris Daerah Herni Sulasti dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa Kabupaten Purbalingga menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,5-5,5 persen di tahun 2022. Sementara tingkat inflasi ditargetkan berada di bawah 3 %. ***

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: WAWASANCO

Tags

Terkini

Jawa Tengah Gelar Popda yang diikuti 1.025 Atlet Pelajar

Selasa, 16 November 2021 | 21:42 WIB
X