Menerapkan Kebijakan yang Ramah Gender, Jateng Kembali Menangkan Penghargaan APE Kategori Tertinggi

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:36 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo menerima penghargaan APE dari Kementerian PPPA (jatengprov.go.id)
Gubernur Ganjar Pranowo menerima penghargaan APE dari Kementerian PPPA (jatengprov.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN. Semarang. Tahun ini Jateng kembali meraih penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 dengan kategori tertinggi sebagai mentor.

Penghargaan itu diberikan oleh Kementeriaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kepada Instansi Pemerintah yang konsen terhadap pengembangkan kesetaraan gender.

Provinsi Jateng tak hanya sekali meraih penghargaan APE itu, tetapi kali ini yang keempat. Kemenangan Jateng dalam ajang bergengsi itu buah dari keseriusan Pemerintah Provinsi Jateng dalam mengimplementasikan pengarusutamaan gender.

Penghargaan APE diserahkan secara virtual dalam side event ASEAN Ministerial Meeting on Women (AMMW) ke-4. Penyerahan dilakukan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Menurut Menteri PPPA tersebut, pengarusutamaan gender, merupakan strategi yang harus melandasi pembangunan dengan memberdayakan perempuan dan laki-laki untuk dapat keluar dari kemiskinan serta meningkatkan taraf hidup.

Penghargaan APE 2020 ini diberikan kepada, 13 kementerian atau lembaga, 29 pemerintah provinsi, dan 266 pemerintah daerah kabupaten/kota. 

Pada tingkat Provinsi, hanya empat daerah yang mendapatkan penghargaan tingkat tertinggi kategori mentor, antara lain, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Di Jawa Tengah sendiri, bisa dikatakan hampir setiap Kabupaten dan Kota meraih penghargaan APE, contohnya Rembang dengan kategori mentor. Sementara, 12 kabupaten dan kota Kategori Utama, 13 daerah Kategori Madya, dan delapan daerah Kategori Pratama.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sangat mengapresiasi atas penerimaan penghargaan tersebut. Ia juga menegaskan, dalam pemerintahannya dilandaskan pada prinsip-prinsip kesetaraan gender.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jawa Tengah Gelar Popda yang diikuti 1.025 Atlet Pelajar

Selasa, 16 November 2021 | 21:42 WIB
X