Kampung Singkong Salatiga mampu Menggerakkan Perekonomian Daerah dan nasional

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 08:57 WIB
Menteri Pertanin Syarul Yasin Limpo saat peresmian Kampung Singkong Salatiga (Jatengprov.go.id)
Menteri Pertanin Syarul Yasin Limpo saat peresmian Kampung Singkong Salatiga (Jatengprov.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN. Salatiga. Kota Salatiga merupakan daerah yang sejuk karena berada di dataran tinggi Pegunungan Ungaran. Masyarakatnya ramah dan sebagian bekerja di sektor pertanian. Hasil pertaniannya beragam dan berkembang. Tak heran, Salatiga memiliki sentra olahan hasil pertanian yakni Kampung Singkong.

Kampung itu terletak di kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo. Dinamai kampung singkong karena rata-rata warganya bekerja mengolah singkong menjadi aneka produk turunan. Dari mengolah singkong itulah ekonomi warga bergerak dan berkembang. Produknya telah merambah ke sejumlah daerah. Hal itulah yang memantik Pemerintah Kota Salatiga bersama masyarakat mendirikan kawasan Argowiyoto sebagai Kampung Singkong.

Rupanya keberadaan Kampung Singkong itu menarik perhatian Kementerian Pertanian RI. Buktinya, Peresmian Kawasan Argowoyoto sebagai Kampung Singkong dilakukan oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo baru-baru ini, (12/10/21).

Saat meresmikan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sangat mengapresiasi adanya Kampung Singkong. Masyarakatnya yang rata-rata bekerja dengan mengolah singkong sangat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada kota Salatiga dan nasional.

“Saya kagum, saya bangga sekali, terlebih saat saya masuk ke kawasan ini, ada kampung singkong di sini. Saya yakin bahwa yang seperti ini hanya ada di sini di seluruh dunia, berarti tempat ini sudah menembus ke luar Salatiga, Jawa Tengah, dan Indonesia bahkan menembus dunia,” Ucap Yasin Limpo.

Yasin Limpo juga mengapresiasi atas kerjasama dari Wali kota dan Forkopimda di Salatiga yang telah membantu mendorong masyarakat dalam melakukan pengolahan singkong.

“Kita dorong bersama-sama. Semua pihak ikut bantu termasuk saya sebagai Menteri Pertanian, Perbankan juga hadir, Dirjen juga bantu. Mari kita cetak sesuatu yang tidak ada di dunia lain dari tempat ini. Kita promosi lebih tinggi lagi,” ungkapnya.

Kemudian Yasin Limpo menjelaskan, tanaman singkong ini sangat bermanfaat dan dapat diolah semua bagiannya, mulai dari daun, batang, hingga ubi singkongnya sendiri. Selain itu, ada banyak nutrisi yang bisa didapatkan saat mengonsumsi singkong. Makan dan kenyang saja tidak cukup, manusia juga memperlukan nutrisi, dan singkong adalah jawaban yang tepat.

Di acara yang sama, Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, menjelaskan, terbentuknya kampung singkong ini melibatkan peran serta aktif dari masyarakat yang berkesinambungan sehingga membawa pengaruh positif bagi kesejahteraaan masyarakat.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Terkini

X