Komunitas Disabilitas Solo Ciptakan Tempat Sampah Pintar yang Otomatif Buka Tutup sendiri

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 08:16 WIB
Disabilitas menunjukkan tempat sampah pintar (istimewa)
Disabilitas menunjukkan tempat sampah pintar (istimewa)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN. Solo. Penyandang disabilitas kota Solo yang tergabung dalam komunitas Diva Elektra Solo berhasil menciptakan tempat sampah pintar. Tempat sampah tersebut dirancang agar dapat digunakan lebih mudah bagi penggunanya, terutama para difabel. Tempat sampah canggih karya para difabel ini sangat ramah bagi para penyandang difabel yang memiliki keterbatasan fisik.

Pembuatan tempat sampah pintar dimulai sejak 2019 lalu. Selain konsepnya yang kreatif, tempat sampah ini juga menggabungkan teknologi yang cukup canggih. Tutup tempat sampah dibuat otomatis yakni dapat membuka sendiri manakala tangan akan memasukan sampah dengan jarak 50 cm. Dengan begitu tangan tidak perlu menyentuh tutupnya saat hendak membuang sampah. Hal itu membuat kita terhindar dari bakteri-bakteri yang bersarang pada tutup sampah. Kemudian, tutup tempat sampah itu juga otomatis akan menutup sendiri ketika pembuang sampah menjauh. Hal itu membuat tempat sampah minim dihinggapi oleh lalat.

Lebih hebatnya lagi, jika tempat sampah sudah penuh, maka dapat mengirim notifikasi secara otomatis pada petugas sampah melalui aplikasi.

Heru Sasongko, Pegiat Diva Elektra Solo menjelaskan, tempat sampah tersebut berkapasitas lima kubik sehingga perlu waktu satu minggu hingga penuh terisi. Jangka waktu yang cukup lama, namun tetap dapat menjaga kondisi kebersihan bagi lingkungan sekitarnya.

Atas inovasinya, tempat sampah canggih itu telah menerima berbagai penghargaan. Diantaranya, 113 inovasi Indonesia, penghargaan dari Kemenristekdikti, bahkan masuk 80 besar Seribu Penemuan di Indonesia. Tak hanya itu, Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, juga memberikan apresiasinya terhadap karya anak bangsa yang sangat kreatif dan inovatif ini. Menurutnya, karya tersebut dapat menginspirasi banyak masyarakat untuk
turut ikut menciptakan sesuatu yang lebih bermanfaat lagi.

Saat ini tempat sampah pintar nan canggih itu sudah dipasarkan secara online. Harganya Rp.5,5 juta perunit. ***

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Terkini

Jawa Tengah Gelar Popda yang diikuti 1.025 Atlet Pelajar

Selasa, 16 November 2021 | 21:42 WIB
X