Rasmus Paludan Lakukan Aksi Bakar Al Quran. Tuai Kutukan Keras Berbagai Negara

- Senin, 23 Januari 2023 | 20:41 WIB
Profil Rasmus Paludan, politikus yang bakar al quran di Swedia (Foto: Tangkapan layar Twitter.com/@maspiyu_aja)
Profil Rasmus Paludan, politikus yang bakar al quran di Swedia (Foto: Tangkapan layar Twitter.com/@maspiyu_aja)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Swedia. Politisi Swedia Rasmus Paludan melakukan aksi Membakar Al Quran di di depan Kedutaan Besar Turki di Stockholm, Swedia, Sabtu 21 Januari 2023.

Diketahui Rasmus Paludan adalah pemimpin Partai Politik Sayap Kanan Denmark Hard Line (Garis Keras), dan juga berkewarganegaraan Swedia. Bukan kali pertama Paludan melakukan aksi pembakaran Kitab Suci Umat Islam Al-Quran.

Politisi Swedia itu telah memulai aksi pembakaran Al-Quran sejak April 2022, bahkan mengumumkan "tur pembakaran Al-Quran".

Baca Juga: Memproses Hukum WNI Tertuduh Pelecehan, Arab Saudi Diprotes Indonesia

Saat itu, Rasmus Paludan menyatakan akan melakukan pembakaran Al-Quran selama Bulan Suci Ramadan, dan memicu kerusuhan di Swedia.

Sontak aksi provokatif itu menuai kecamanan dari berbagai pihak. Selain mendapat kecaman dari pemerintah Swedia sendiri, aksinya dikecam banyak negara lain. Di antaranya Turki dan negara-negara Arab. Bahkan Pemerintah Turki langsung membatalkan kunjungan ​Menteri Pertahanan Swedia Pal Jonson, dengan agenda keanggotaan NATO.

Kecaman keras juga disuarakan oleh Pemerintah Indonesia. Melalui Kementerian Luar Negeri, Republik Indonesia mengutuk keras aksi pembakaran Kitab Suci Al-Quran oleh Rasmus Paludan.

Baca Juga: Pembahasan RUU Sisdiknas Jadi Peluang Rekognisi Pendidikan Al Quran

"Indonesia mengutuk keras aksi pembakaran Kitab Suci Al-Quran oleh Rasmus Paludan, Politisi Swedia, pada Sabtu di Stockholm. Aksi penistaan kitab suci ini, telah melukai dan menodai toleransi umat beragama," kata Kementerian Luar Negeri RI dikutip dari laman resmi Twitter Kemenlu RI, Minggu 22 Januari 2023. ***

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X