Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertemuan Para Menteri Pertahanan ASEAN

- Kamis, 24 November 2022 | 17:29 WIB
Menhan Prabowo Subianto menerima penetapan Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan para Menteri Pertahanan ASEAN/kemenhan
Menhan Prabowo Subianto menerima penetapan Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan para Menteri Pertahanan ASEAN/kemenhan

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kamboja. Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan para menteri pertahanan negara-negara kawasan ASEAN pada tahun 2023.

Informasi disampaikan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dalam siaran pers Kemenhan dikutip dari laman rri.co.id pada Kamis 24 November 2022.

Diketahui Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto telah menerima penetapan Indonesia sebagai House of commitee ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) 2023.

Baca Juga: Daftar Pemain Timnas Korea Selatan Versus Urugay untuk Laga Nanti Malam

Penetepan itu dilakukan pada ADMM Retreat ADMM Plus ke-9 yang bertema “Solidarity for Harmonised Secuirity” di Siem Reap, Kamboja, Rabu 23 November 2022.

"ADMM Plus telah terbukti menjadi mekanisme yang berguna dan efektif bagi negara-negara anggota ASEAN. Khususnya dalam pembangunan pertahanan masing-masing," kata Prabowo Subianto.

Mekanisme ini, lanjutnya, telah dimanfaatkan sebagai ajang untuk bertemu, bertukar pandangan, bertukar pendapat, dan membangun komunikasi langsung. Sehingga akan menguatkan bangunan konsensus, dan pemahaman yang dicapai oleh para pemimpin negara.

Menurut Prabowo, ASEAN telah membuktikan mampu berkontribusi pada ekonomi dunia. Juga menunjukkan bahwa pendekatan ASEAN dalam menyelesaikan konflik dengan negosiasi untuk mencapai konsensus. “Kita mencapai apa yang diinginkan oleh rakyat kita. Yaitu mencapai perdamaian yang merupakan syarat untuk kemakmuran,” tegasnya.

Baca Juga: Indonesia Menerima Estafet Keketuaan ASEAN 2023 dari Kamboja

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X