Hari kedua KTT G20, Presiden Jokowi Ajak Pemimpin Dunia Tanam Mangrove

- Rabu, 16 November 2022 | 14:41 WIB
penanaman mangrove oleh delegasi KTT G20
penanaman mangrove oleh delegasi KTT G20

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Bali. Mengawali agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali hari kedua, para pemimpin negara G20, pimpinan organisasi dunia, dan delegasi lainnya mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Bali, Kota Denpasar, Rabu 16 November 2022 pagi tadi.

Adenda di atas merupakan inisiasi Presiden Jokowi selaku tuan rumah KTT G20.

Baca Juga: Ibu Negara Iriana Ajak Madam Kim Keon Hee Nikmati Penampilan Seni Indonesia

Presiden tiba di Tahura sekitar pukul 07:50 WITA lalu menyambut langsung kedatangan para pemimpin dunia. Kemudian para pemimpin dunia delegasi KTT G20 diberi kesempatan untuk menanam mangrove.

Nampak beberapa pimpinan negara dan organisasi dunia yang ikut ke Tahura tadi pagi. Mulai dari Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri India Modi hingga Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Ghebreyesus.

Presiden AS Joe Biden datang paling akhir. Manakala menaiki tangga terakhir ke ruang transit, Joe Biden sempat tersandung. Spontan tangannya direngkuh Presiden Jokowi.

Saat tiba di lokasi Tahura, sekitar di bagian tengah, Presiden Jokowi dan pimpinan negara anggota G20 berdiri berjajar dan kompak menanam mangrove bersama-sama. Usai memasukkan bibit mangrove mereka menggunakan cangkul untuk memastikan bibit tertanam sempurna.

Momen para pemimpin dunia memegang cangkul dan mengisi tanah ke lubang tanaman mangrove mendapat tepuk tangan dan teriakan dari jurnalis di Media Center KTT G20.

Baca Juga: Presiden IOC Thomas Bach : Misi Olahraga Harus Netral dari Politik Negara

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X