Pimpin Sesi II KTT G20, Presiden Jokowi : Kuatkan Arsitektur Kesehatan Dunia yang Setara

- Selasa, 15 November 2022 | 21:12 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Pimpin  KTT G20, Selasa 15 November 2022 (ist)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Pimpin KTT G20, Selasa 15 November 2022 (ist)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Bali. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan negara-negara G20 untuk tidak lengah meskipun dunia semakin pulih dari pandemi COVID-19. Hal itu disampaikan saat membuka sesi II Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Selasa 15 November 2022, di Hotel The Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, Bali.

Agenda yang digelar usai jamuan santap siang itu memfokuskan untuk membahas masalah kesehatan global.

Mengawali memimpin KTT sesi II, Presiden Jokowi mengatakan bahwa darurat kesehatan berikutnya dapat muncul kapan saja, kali ini dunia harus lebih siap.

"Kesiapsiagaan kita akan menyelamatkan nyawa dan perekonomian kita. G20 harus mengambil langkah-langkah nyata dan segera,” ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Polri Gandeng Pecalang Amankan KTT G20 di Bali. Begini Respon Kompolnas

Presiden Jokowi pun memaparkan sejumlah langkah nyata yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kapasitas kesehatan global, mulai dari penguatan arsitektur kesehatan dunia hingga peningkatan kesetaraan kapasitas kesehatan.

“Arsitektur kesehatan global harus diperkuat. Kita perlu WHO (World Health and Organization) yang lebih kuat dan bertaring. Solidaritas dan keadilan harus menjadi ruh arsitektur kesehatan global,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi menyatakan, pembentukan dana pandemi yang telah berhasil dilakukan G20 harus diikuti dengan penambahan kontribusi pendanaan sehingga berfungsi secara optimal.

“Saya mengajak semua pihak berkontribusi. Indonesia telah memberikan komitmen 50 juta dolar. G20 harus ikut mengawal proses pembentukan traktat pandemi. Ini penting untuk memperkuat kesiapsiagaan di tingkat nasional, kawasan, dan global,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X