Setelah Dikucuri Investasi, Pakistan Ditekan China Terkait Kepentingan Militer

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 22:09 WIB
Bendera China (suaramerdeka.com)
Bendera China (suaramerdeka.com)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-China. Hubungan Diplomatik antara China dan Pakistan nampak kian akrab. China gencar investasi di Pakistan. Tercatat saat ini nilai investasi China di Pakistan sudah tembus di atas USD 60 miliar, atau sekitar Rp885,1 Triliun.

Selain finansial dan investasi, rupanya ketergantungan Pakistan kepada China sangat besar di bidang militer dan diplomatik.

Disebabkan ketergantungan itu, China mulai menekan Pakistan untuk mengizinkan pembangunan pos-pos militer di negaranya yang ditempati tentara dari militer China.

Sumber diplomatik dan keamanan terkemuka di Islamabad yang meminta anonimitas untuk laporan ini, percaya bahwa Tentara Pembebasan Rakyat China bekerja pada skala perang untuk mendirikan pos-pos militer di Afghanistan dan Pakistan untuk apa yang diklaimnya akan menjadi operasi yang lebih lancar.

Baca Juga: Rayakan HUT RI ke 77, Parade Merah Putih Digelar di Kota Brussel Belgia

Menurut sumber diplomatik, Duta Besar China Nong Rong telah mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif, Menteri Luar Negeri Bilawal Bhutto dan Panglima Angkatan Darat Jenderal Qamar Javed Bajwa dalam hal ini.

Berdasarkan sumber diplomatik terkemuka, kini China berencana untuk melindungi kepentingannya di Pakistan dengan menempatkan pasukannya sendiri di pos-pos yang dibuat khusus.

Terkait ambisi itu, Duta Besar Rong belum berada di Pakistan sejak akhir Maret 2022 tahun ini, baru saja tiba di negara tersebut.

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.com bersumber Hindustan Times yang berjudul China Makin Mesra dengan Pakistan, Perluas Pengaruh di Benua Asia, dalam pertemuan itu China menuntut pembentukan pos-pos untuk pasukan China. Pertemuan itu dimungkinan merupakan pertemuan resmi pertama duta besar Rong dengan pemerintah baru dan perwakilan negara bagian.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X