Jemaah Haji Pengidap Diabetes Wajib Pakai Alas Kaki yang Tepat. Ini Alasannya

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 20:24 WIB
ilustrasi Jemaah haji Indonesia
ilustrasi Jemaah haji Indonesia

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Arab Saudi. Saat menjalankan ibadah haji, jemaah yang mengidap diebates sebaiknya memakai alas kaki yang tepat agar tidak mudah luka. Pasalnya penderita diabetes rawan alami luka jika memakai sembarang alas kaki. Manakala luka, kondisinya mudah parah.

Pesan itu disampaikan anggota Tim dokter KKHI Makkah, dr Ahmad Syahri.

Menurutnya, untuk luka kecil atau ringan dioleskan dengan salep atau perawatan yang biasa, pasien bisa melanjutkan aktivitas. Namun kondisi ini berbeda halnya jika sampai terjadinya infeksi pada luka, harus dilakukan rawatan lebih lanjut.

''Apabila sampai terjadi luka infeksi perlu perawatan luka sampai debridement atau perawatan luka kaki khusus,'' ujar dr Ahmad.

Baca Juga: Dunia Hadapi Krisis Ketahanan Pangan dan Energi. Begini Usulan Jokowi

Kemudian dia mengingatkan, bagi jemaah haji yang mempunyai riwayat diabetes untuk memperhatikan kakinya, melihat apakah ada tanda tanda luka. Apalagi dengan cuaca yang panas dan kering seperti di Arab Saudi, kulit kaki lebih mudah kering, pecah pecah, sampai terjadinya luka yang tidak disengaja.

Pencegahan terbaik menurut dr Ahmad adalah jangan sampai terjadi luka di kaki. Sekalipun terjadi luka, sebaiknya segera diobati, agar tidak mengarah Pada kondisi infeksi bahkan sepsis.

''Jadi pencegahannya kalau diabetes adalah jangan sampai ada luka terutama luka di kaki.'' ujar dr. Ahmad.

Untuk itu dr Ahmad menyarankan Jemaah haji untuk menggunakan alas kaki yang dirasakan paling nyaman dan tidak akan melukai kaki.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: kemenkes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X