Australia Peringati Remembrance Day di Tengah Pandemi Covid 19

- Kamis, 11 November 2021 | 12:37 WIB
Bendera Australia (Pikiran rakyat)
Bendera Australia (Pikiran rakyat)

 

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Australia. Hari ini, Kamis, 11 November 2021, Australia mengheningkan cipta bertepatan dengan Remembrance Day (11/11), yaitu hari peringatan kematian angkatan bersenjata negara-negara anggota persemakmuran Inggris, termasuk Australia, yang meninggal dalam Perang Dunia l.

Remembrance Day yang dahulunya dikenal dengan nama Armistice Day merupakan tanda berakhirnya pertempuran Perang Dunia I pada 11 November 1981.

Sejak 1945, Armistice Day diubah namanya menjadi Remembrance Day. Setiap tahunnya para petinggi di negara tersebut melakukan upacara mengenang para pahlawan dengan mengibarkan bendera setengah tiang dan mengheningkan cipta selama satu menit pada pukul 11 waktu lokal.

Bunga Poppy merah menjadi simbol untuk memperingati hari berkabung itu. Bahkan di negara-negara persemakmuran Inggris lainnya, gambar bunga Red Poppy ini biasanya dipasang pada kaus para pemain sepak bola demi memperingati Remembrance Day.

Menambah kepedihan yang mendalam, pada peringatan tahun ini juga bertepatan dengan 80 tahun kematian 645 awak kapal HMAS Sydney II Angkatan Laut terbesar di Australia.

Delapan puluh tahun lalu, atau tepatnya pada 19 November 1941, Royal Australian Navy tenggelam bersama seluruh krunya setelah pertempuran singkat namun sengit melawan Jerman Raider HSK Kormoran di pantai barat Australia.

Hari ini, seperti dikutip dari 9news.com.au, lebih dari 5000 orang berkumpul di Australian War Memorial di Canberra untuk mengadakan upacara peringatan Remembrance Day.

Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt (9news)

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

X