Kongres AS Kunjungi Teipei di Tengah Ketegangan China dengan Taiwan

- Rabu, 10 November 2021 | 17:38 WIB
China kutuk tindakan AS di Taiwan.  (Pixabay)
China kutuk tindakan AS di Taiwan. (Pixabay)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Taiwan. Satu tahun terakhir ini, Taiwan mengeluhkan adanya manuver angkatan Udara China yang mendekati pulaunya. Taiwan keberatan dengan tindakan militer China itu yang mengganggu Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri tetapi selalu diklaim Beijing sebagai miliknya.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan enam pesawat militer China memasuki zona pertahanan udara barat daya pada Selasa, termasuk empat jet tempur J-16 dan dua pesawat pengintai.

Situasi itu yang menimbulkan ketegangan hubungan antara Taiwan dengan China.

Di tengah ketegangan itu, sejumlah media Taiwan melaporkan pada hari Selasa kemarin Taiwan menerima delegasi dari Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat AS yang datang ke Taipei dengan pesawat militer AS.

Kantor kepresidenan Taiwan menolak berkomentar tentang kehadiran delegasi AS itu. Institut Amerika di Taiwan, kedutaan de facto AS tanpa adanya hubungan diplomatik formal, juga tidak memberikan komentar apapun terkait hal itu.

Sementara itu di Washington, Pentagon mengakui bahwa tidak jarang delegasi kongres diangkut dengan pesawat militer.

Juru bicara Pentagon, John Kirby tidak memberikan perincian tentang siapa yang ada dalam penerbangan itu, tetapi mengatakan ini adalah perjalanan kongres kedua ke Taiwan tahun ini.

"Ini tidak biasa," kata Kirby, dikutip dari Reuters.

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.com yang berjudul China Mengutuk Kunjungan Delegasi Kongres Amerika Serikat ke Taiwan, Kementerian pertahanan China mengecam keras kunjungan anggota Kongres AS di Taiwan dengan pesawat militer.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X