Tentara Iran Menggelar Latihan Militer Skala Besar di Laut, Udara, dan Darat

- Senin, 8 November 2021 | 20:54 WIB
Ilustrasi latihan militer  (Pixabay/Defence-Imagery)
Ilustrasi latihan militer (Pixabay/Defence-Imagery)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Iran. Militer Iran tengah memperkuat kemampuan militernya guna menghadapi pergerakan musuh yang telah dimulai beberapa hari lalu. Untuk itu Militer Iran menggelar latihan skala besar di wilayah laut, udara, dan darat yang diikuti Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC).

Latihan militer skala besar digelar mulai hari Minggu pagi, 7 November 2021 dengan menggabungkan tentara, kapal, kendaraan lapis baja, pesawat berawak dan tanpa awak, serta sistem rudal dan radar dalam kapasitas ofensif dan defensif.

Menurut Panglima Tentara Iran Abdolrahim Mousavi, latihan militer laut berlangsung di area seluas satu juta kilometer persegi (386.000 mil persegi) timur Selat Hormuz, Laut Oman, dan bagian utara dari Samudera Hindia. Sedangkan di darat, latihan militer diadakan di area umum provinsi tenggara Sistan dan Balochistan, dan Hormozgan di samping pantai Makran.

Abdolrahim Mousavi mengatakan bahwa latihan itu bertujuan memperkuat pertahanan guna menghadapi serangan musuh yang akhir-akhir ini selalu mengintai Iran.

Dikutip dari Pikiran Rakyat.Com bersumber Al Jazeera, Senin, 8 November 2021 yang berjudul Akibat Ulah Angkatan Laut AS, Iran Gelar Latihan Militer Skala Besar Guna Pantau Pergerakan Musuh, Abdolrahim Mousavi mengungkapkan pihaknya berupaya memantau pergerakan musuh yang dimulai beberapa hari yang lalu.

“Karena kami menyadari bahwa musuh berusaha mengumpulkan informasi yang diperlukan setelah pasukan kami bergerak di daerah itu. Mulai hari ini, kami memperkuat upaya untuk memantau pergerakan musuh yang telah dimulai beberapa hari yang lalu,” katanya dari pelabuhan tenggara Konarak.

Kemudian dia menyampaikan bahwa pada latihan pertama yang diperkirakan akan berlangsung beberapa hari, kapal dan pasukan komando akan melakukan operasi.

Operasi tersebut untuk menembus pertahanan pantai musuh dari laut, sementara pasukan Iran bersama sistem rudal dan radar akan mensimulasikan pertahanan garis pantai.

Media pemerintah Iran turut menayangkan cuplikan speedboat yang bermanuver di laut, tentara yang menaiki helikopter tempur, dan pasukan komando yang melakukan terjun payung dari pesawat untuk mendarat di area pantai.

Tentara Iran dan IRGC telah mengadakan beberapa latihan skala besar di berbagai bagian negara itu dalam beberapa bulan terakhir di tengah ketegangan dengan AS, ancaman oleh Israel, dan ketidaksepakatan dengan tetangga barat laut Azerbaijan.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X