Perdana Menteri Irak Mustafa Al Kadhimi diserang Drone di Kediamannya

- Minggu, 7 November 2021 | 10:29 WIB
Ilustrasi drone  (Twitter.,com/@AuroraIntel)
Ilustrasi drone (Twitter.,com/@AuroraIntel)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Irak. Percobaan pembunuhan terhadap Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi di Baghdad terjadi tadi pagi, Minggu, 7 November 2021 tapi gagal.

Aksi itu menggunakan drone yang menyerang kediaman Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi di Baghdad. Kondi si PM Irak berhasil selamat, tanpa terluka sedikit pun.

Berdasarkan informasi dari Militer Irak, serangan drone itu menargetkan kediaman Kadhimi di Zona Hijau yang dibentengi Baghdad.

Pasca serangan, hingga berita ini dilaporkan, belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.com bersumber Reuters, yang berjudul Serangan Drone Targetkan PM Irak, Berhasil Lolos Tanpa Terluka, dua pejabat pemerintah Irak mengatakan kediaman Kadhimi terkena setidaknya satu ledakan dan mengkonfirmasi keadaan perdana menteri aman.

"Roket tidak akan mematahkan semangat orang-orang percay, ketabahan ... pasukan keamanan heroik kita," kata Kadhimi di Twitternya.

Para diplomat Barat yang berbasis di Zona Hijau, yang menampung gedung-gedung pemerintah dan kedutaan asing, mengatakan mereka mendengar ledakan dan tembakan di daerah itu.

Upaya pembunuhan itu terjadi setelah adanya bentrokan di kota antara pasukan keamanan Irak dan pendukung partai-partai yang memperdebatkan hasil pemilihan umum.

Insiden itu merupakan bentrokan kekerasan pertama yang signifikan antara pasukan pemerintah dan pendukung partai politik, yang sebagian besar memiliki sayap bersenjata dan bersekutu dengan Iran.***

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X