Militer AS Berhasil menewaskan Pemimpin Senior Al Qaeda melalui serangan Drone

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:10 WIB
Ilustrasi - Militer AS di Suriah  (dok. Reuters via Al-Awsat)
Ilustrasi - Militer AS di Suriah (dok. Reuters via Al-Awsat)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN- Suriah. Serangan drone militer Amerika Serikat di Suriah berhasil menewaskan Pemimpin senior Al Qaeda Abdul Hamid al-Matar.

Kabar itu disampaikan juru bicara Komando Pusat AS Mayor Angkatan Darat AS John Rigsbee dalam keterangan tertulis kepada media Jumat 22 Oktober 2021 malam waktu setempat.

Dalam keterangannya, Mayor Angkatan Darat AS John Rigsbee menyatakan, pemimpin senior Al Qaeda yang dimusnahkan itu selama ini memiliki kemampuan organisasi teroris untuk merencanakan dan melakukan serangan global yang mengancam warga AS, mitra kami, dan warga sipil tak berdosa.

Meski, menewaskan pemimpin senior Al Qaeda, serangan drone itu tidak memakan korban lainnya.

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.com bersumber dari Al Jazeera yang berjudul Seorang Pemimpin Senior Al Qaeda Tewas Diserang Drone Militer AS di Suriah, diberitakan bahwa Abdul Hamid tewas melalui serangan yang menggunakan pesawat tanpa awak MQ-9 usai sebuah pos AS di Suriah selatan diserang dua hari sebelumnya.

Dalam keterangannya, John Rigsbee menyebut, Al Qaeda menghadirkan ancaman serius bagi AS dan sekutunya.

“Al Qaeda terus menghadirkan ancaman bagi Amerika dan sekutu kami. Al-Qaeda menggunakan Suriah sebagai tempat yang aman untuk membangun kembali, berkoordinasi dengan afiliasi eksternal, dan merencanakan operasi eksternal,” katanya, seperti dilaporkan Al Jazeera.

Selain itu, dia juga mengungkapkan, serangan yang menewaskan pemimpin senior Al Qaeda tersebut merupakan serangan balasan. Sayangnya juru bicara Komando Pusat AS itu tak menyebut serangan tersebut terjadi di wilayah mana.

Sebelumnya, pemimpin top Al Qaedah juga tewas di tangan pasukan militer AS melalui serangan pesawat tanpa awak.
Adalah Salim Abu-Ahmad, pemimpin top Al Qaeda yang tewas di Provinsi Idlib, Suriah, pada 20 September 2021 lalu.***

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X