Ribuan Demonstran Turun Ke Jalan, Presiden Brasil Jair Bolsonaro Dituntut Mundur

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:23 WIB
Ribuan demonstran turun ke Jalan di Brasil menuntut Presiden Jair Bolsonaro mundur (Twitter.com/santanudey1969)
Ribuan demonstran turun ke Jalan di Brasil menuntut Presiden Jair Bolsonaro mundur (Twitter.com/santanudey1969)

Para demonstran di Brasil melakukan aksi unjuk rasa menuntut Presiden Jair Bolsonaro mundur dari jabatannya karena dianggap tak cakap dalam memberantas penyebaran Covid-19, sehingga berujung pada melonjaknya angka kematian yang mencapai 600.000 jiwa di negara tersebut.

Akhir pekan lalu, para pengunjuk rasa yang terdiri dari ribuan masyarakat Brasil memenuhi jalanan di 160 kota-kota kecil maupun besar. Aksi demonstrasi tersebut terbukti mampu menyatukan partai-partai penentang, serikat pekerja dan gerakan sosial, mengingat setahun lagi habis masa pemerintah Jair Bolsonaro.

Peristiwa itu terjadi selepas demonstrasi non oposisi yang ingin membuktikan Jair Bolsonaro masih memiliki daya pikat para pendukung, pada bulan lalu. Namun, berdasarkan jajak pendapat yang belakangan ini dilakukan, nampaknya Bolsonaro akan mengalami kekalahan dari lawan sayap kirinya Luiz Inácio Lula da Silva.

Akan tetapi nampaknya Lula yang kelak pada 2 Oktober 2022 menjadi saingan dari Jair Bolsonaro, pihaknya tak nampak ikut serta dalam aksi unjuk rasa tersebut. Meskipun demikian, Ciro Gomez yang nantinya juga merupakan saingan lainnya dalam mencapai kursi presiden itu ikut berbaur dengan para demonstran.

Kinerja Jair Bolsonaro dianggap buruk bahkan oleh 61 persen masyarakat Brasil. Hal tersebut merupakan hasil jajak pendapat dari Atlas Institut. Jair Bolsonaro dianggap tak acuh perihal risiko covid-19, beberapa kali kerap terlihat abai tak kenakan masker di depan umum. Jair Bolsonaro malah hingga saat ini belum melaksanakan vaksinasi. Tak hanya itu, para demonstran juga melontarkan rasa keberatannya atas peningkatan harga kebutuhan pokok di negara tersebut.

Sebagaimana dilansir dari Suaramerdeka.com dikutip dari BBC pada 4 Oktober 2021 para demonstran mengeluhkan selama periode presiden Jair Bolsonaro negara seolah mengalami suatu kemunduran. Dilihat dari meningkatnya kasus kelaparan dan kemiskinan. Serta menurunnya fasilitas pendidikan juga kesehatan.
Para pengunjuk rasa meminta Jair Bolsonaro segera dikeluarkan dari pemerintahan. Bahkan mencapai 130 permintaan pencopotan Joir Bolsonaro diterima, namun tak diindahkan oleh pihak parlemen Brasil majelis rendah.***

Artikel ini telah dimuat di suaramerdeka.com dengan judul: Ribuan Warga Brasil Demo Presiden Jair Bolsonaro, Dinilai Tak Becus Tangani Covid-19

Editor: Agus Mukti

Sumber: suaramerdeka.com

Tags

Terkini

X