Cara Mudah Mencegah Penularan Virus HIV AIDS. Simak Ulasannya

- Kamis, 1 Desember 2022 | 16:08 WIB
Ilustrasi AIDS. (Pexels/Anna Shvets)
Ilustrasi AIDS. (Pexels/Anna Shvets)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN- Setiap tanggal 1 Desember masyarakaat di berbagai negara memperingati Hari Acquired Immune Deficiency Syndrome atau Hari AIDS Sedunia. Penyakit AIDS adalah stadium akhir dari infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Peringatan itu dilakukan untuk mengingatkan masyarakat tentang bahaya besar AIDS yang disebabkan virus HIV. Tujuannya dengaan peringatan tersebur dapat meminimalisr penularan virus HIV di masyarakat.

Baca Juga: Kasus Baru Penularan Virus HIV Didominasi Kalangan Remaja

Dikuttip dari rri.co.id, virus HIV merupakan jenis virus yang menyerang dan menghancurkan sel CD4 atau sel darah putih. Sel tersebut menjadi bagian terpenting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Adapun fungsi sel darah putih dalam tubuh manusia untuk melawan infeksi yang masuk. Seperti bakteri, virus, jamur, dan lainnya.

Namun, jika sel CD4 ini minim maka tubuh akan kesulitan memberantas infeksinya. Sehingga kondisi kesehatan penderita AIDS semakin menurun yang mengakibatkan mudah terserang infeksi lainnya.

Berikut beberapa cara pencegahan untuk menghindari penularan virus HIV. Anda pun dapat mempraktikkannya.

1. Tidak melakukan hubungan seksual dengan berganti pasangan. Hal ini tentu berbahaya bagi yang tidak menerapkan gaya hidup sehat.

2. Menggunakan jarum suntik yang steril. Atau belum pernah digunakan orang lain.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X