Teh Hitam Berkhasiat Turunkan Kolesterol Tinggi. Simak Ulasannya

- Sabtu, 22 Oktober 2022 | 20:33 WIB
Teh hitam (pixabay)
Teh hitam (pixabay)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Kita tentunya familiar dengan teh hitam. Lantaran teh hitam mudah di jumpai di rumah kita. Boleh dibilang teh hitam sudah menjadi bagian sehari-hari kita. Bahkan setiap hari sebagian dari kita minum teh hitam.

Selain murah, rupanya teh hitam mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya mempu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Khasiat yang ada dalam teh hitam karena mengandung antioksidan. Kandungan itulah yang diketahui mampu menurunkan kolesterol tinggi.

Baca Juga: Gejala Diabetes yang Perlu Diketahui dan Pola Pengobatannya. Simak Ulasannya

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi di organ hati, tetapi bisa juga diperoleh dari konsumsi makanan hewani, seperti daging. Dalam kadar yang normal, kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel yang sehat. Meski demikian jika jumlahnya berlebihan, kolesterol bisa menumpuk di pembuluh darah dan merusak dindingnya. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, misalnya penyakit jantung.

Untuk itu kadar kolesterol harus terjaga keseimbanagannya. Nah kondisii itu bisa tercipta dengan konsumsi teh hitam. Bahkan tek hitam dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dan mencegah penyakit jantung.

Mengapa teh hitam punya khasiat untuk mengurangi kolesterol tinggi? Dikutip dari laman alodokter.com begini penjelasannya.

Manfaat teh hitam untuk kolesterol tinggi diperoleh dari berbagai senyawa alami yang terkandung di dalamnya, seperti flavonoid dan polifenol. Kedua senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan yang dikenal baik untuk kesehatan.

Flavonoid mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Sama halnya dengan flavonoid, polifenol juga terbukti dapat menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap stabil sehingga risiko terkena diabetes pun dapat ditekan.

Karena adanya manfaat teh hitam untuk menurunkan kolesterol, minuman ini bisa rutin dikonsumsi oleh penderita hiperkolesterolemia. Teh hitam sebaiknya dikonsumsi 1–3 gelas setiap harinya. Namun, Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya 1–2 jam setelah makan agar tidak mengganggu penyerapan nutrisi dari makanan lainnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X