Gejala Diabetes yang Perlu Diketahui dan Pola Pengobatannya. Simak Ulasannya

- Minggu, 9 Oktober 2022 | 22:41 WIB
Ilustrasi diabetes
Ilustrasi diabetes

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Pengidap penyakit diabetes di Indonesia terbilang tinggi. Data di Kementerian Kesehatan dari tahun ke tahun trennya naik. Terkini diabetes diidap oleh 13 persen masyarakat Indonesia.

Diabetes atau penyakit gula termasuk penyakit kronis akibat kadar gula berlebihan. Diabetes terjadi ketika tubuh pengidapnya tidak lagi mampu mengambil gula (glukosa) ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi. Kondisi ini pada akhirnya menghasilkan penumpukan gula ekstra dalam aliran darah tubuh.

Penyakit diabetes yang tidak ditangani dapat mengakibatkan masalah serius seperti kerusakan organ seperti jantung, ginjal, mata, dan saraf.

Baca Juga: Penderita Diabetes di Indonesia Melonjak. Angkanya Memprihatinkan

Agar terhindar dari dampak diabetes, maka kita perlu mengenali gejalanya. Tujuannya kita bisa mengatasi sedini mungkin sebelum diabetes menjadi parah.

Dilansir dari laman Halodoc berikut ini diulas gejala diabetes dan pola pengobatannya.

Gejala Diabetes

- Peningkatan rasa haus.
- Peningkatan frekuensi buang air kecil.
- Mudah lelah atau rasa kelelahan terus-menerus.
- Adanya gangguan penglihatan, seperti pandangan yang kabur.
- Terjadinya infeksi pada tubuh terus-menerus, yang umum terjadi pada bagian gusi, kulit, maupun area vagina (pada wanita).
- Penurunan berat badan yang tidak jelas apa penyebabnya.
- Kehadiran keton dalam urine (keton adalah produk sampingan dari pemecahan otot dan lemak yang terjadi ketika tidak ada cukup insulin yang tersedia).

Jika mengalami salah satu gejala di atas segeralah memeriksakan diri ke dokter jika mengalami salah satu atau sejumlah tersebut. Hal ini bertujuan agar perawatan dapat segera dilakukan, sehingga risiko akan komplikasi dari diabetes dapat terhindarkan.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X