Lima Bahaya Minum Kopi Selagi Perut Masih Kosong. Simak Ulasannya

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 10:43 WIB
Wajib Tahu, Ini 5 Bahaya Minum Kopi saat Perut Kosong. (Dok/Pexels)
Wajib Tahu, Ini 5 Bahaya Minum Kopi saat Perut Kosong. (Dok/Pexels)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Minum kopi saat pagi adalah kenikmatan tersendiri. Bahkan minum kopi sudah menjadi ritual pokok mengawali harinya. Lebih-lebih sejumlah studi menyimpulkan minum kopi memberikan efek positif bagi kesehatan. Kendati demikian, bukan berarti minum kopi dilakukan sembarangan. Ada pantangan yang harus dicegah manakala mau minum kopi. Salah satunya hindari minum kopi selagi perut masih kosong.

Pasalnya minum kopi ketika perut kosong akan memunculkan sejumlah masalah pencernaan dan terganggunya keseimbangan gula.

Berdasarkan informasi di laman hindustantimes, minum kopi di pagi hari ketika perut masih kosong bisa lebih berbahaya daripada kebaikan yakni menimbulkan masalah pencernaan, ketidakseimbangan gula darah, dan lonjakan tingkat stres.

Baca Juga: Minum Kopi Hitam Bermanfaat bagi Kesehatan Ginjal. Simak Ulasannya

Minum kopi di pagi hari manakala perut kosong, akan memunculkan asam lambung dan kecemasan karena kadar kortisol saat pagi sudah tinggi ditambah kandungan kopi yang asam masuk ke perut sehingga lebih meningkatkan tingkat hormon stres yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan kecemasan.

Secara umum, berikut ini lima bahaya jika minum kopi manakala perut masih kosong berbahaya antara lain :

1. Dapat Menyebabkan Kembung
Kopi dapat merangsang produksi asam lambung. Peningkatan produksi asam lambung yang berbahaya ini sangat mengganggu sistem pencernaan tubuh, menyebabkan masalah seperti gangguan pencernaan, kembung, mual dan sebagainya.

2. Meningkatkan Hormon Stres
Apa yang disebut hormon stres antara lain, membantu mengatur energi dan membuat Anda merasa waspada secara alami memuncak saat Anda bangun dan yang menarik, kopi merangsang produksi kortisol.

3. Berdampak Pada Gula Darah
Kontrol gula darah Anda terganggu ketika hal pertama yang bersentuhan dengan tubuh Anda adalah kopi.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X