Penderita Diabetes di Indonesia Melonjak. Angkanya Memprihatinkan

- Senin, 26 September 2022 | 23:13 WIB
Ilustrasi Diabetes  (Pixabay)
Ilustrasi Diabetes (Pixabay)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai makanan dan minuman manis. Tingkat konsumsi gula di Indonesia juga terbilang tinggi. Dampaknya penyakit yang ditimbulkan gula, terutama diebetes semakin hari semakin naik.

Dari tahun ke tahun trennya warga Indonesia yang mengidap diabetes makin memprihatinkan. Jumlahnya melonjak. Terkini diabetes diidap oleh 13 persen masyarakat Indonesia.

Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta dikutip dari laman rri.co.id pada Senin 26 September 2022.

Baca Juga: Wujudkan Swasembada Gula PTPN III Gandeng Petani Kabupaten Batang, Tersedia 50 Ha untuk Tebu

"Diabetes di Indonesia tuh naik tinggi dari tahun ke tahun. Terakhir yang saya lihat 13 persen dari penduduk Indonesia itu diabetes," kata Budi.

Menurut Menkes Budi, meski penyakit diabetes termasuk penyakit tidak menular namun disebut-sebut sebagai ibu dari semua penyakit.

"Diabetes ini adalah mother of all diseases (ibu dari semua penyakit), orang bilang," ujarnya.

Besarnya resiko gula terhadap kesehatan salah satunya memicu diabetes sudah menjadi perhatian pemerintah, namun kurang menjadi atensi masyarakat.

Kementerian Kesehatan telah mengatur kadar pemakaian gula, garam, dan lemak ke dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 30 Tahun 2013.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X