Hasil Penelitian: Olahraga Rutin 2,5 Jam Seminggu Bisa Memperpanjang Usia

- Senin, 26 September 2022 | 21:57 WIB
Ilustrasi olahraga.   (pexels.com)
Ilustrasi olahraga. (pexels.com)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Olahraga merupakan aktivitas yang dapat menjaga kebugaran dan menjaga kesehatan. Bahkan sebuah penelitian, olahraga yang dilakukan rutin dapat memperpanjang usia manusia.

Dengan melakukan olah raga selama 150 menit atau 2,5 jam seminggu bisa menurunkan risiko kematian. Hal itu hasil penelitian terhadap lebih dari 116.000 orang dan dipelajari selama lebih dari 30 tahun.

Baca Juga: Penyebab Kulit Jadi Kering dan Tips Mengatasinya. Simak Ulasannya

Peserta (responden) yang diteliti berasal dari Kajian Kesehatan Perawat dan Kajian Lanjutan Tenaga Kesehatan (1988-2018). Para responden itu diminta untuk menjawab kuesioner dengan laporan diri rinci tentang aktivitas fisik.

Hasil penelitian itu berjudul “Long-Term Leisure-Time Physical Activity Intensity and All-Cause and Cause-Specific Mortality: A Prospective Cohort of US Adults” yang dipublikasikan di laman Times of India.

Studi ini diterbitkan pada Juli 2022 di Circulation, jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lippincott Williams & Wilkins untuk Asosiasi Jantung Amerika.

Dikutip dari PMJ News pada Senin, 26 September 2022, olahraga dapat memperpanjang usia atau mencegah kematian lantaran mampu membuat kerja jantung manusian terjaga normal.

Perlu dicatat bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia dan bertanggung jawab atas lebih dari 30% kematian.

Para peneliti menemukan bahwa aktivitas fisik, bahkan dalam durasi sedang, mengurangi risiko semua penyebab kematian. Studi tersebut melihat penurunan risiko kematian pada orang-orang yang melakukan aktivitas fisik 150-599 menit per minggu.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X