Meski Bikin Gatal, Daun Jalatang Punya Manfaat Bagi Kesehatan. Simak Ulasannya

- Rabu, 21 September 2022 | 22:09 WIB
daun jelatang / alodokter
daun jelatang / alodokter

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kita tentu pernah merasa perih manakala menyentuh suatu daun. Nah bisa jadi daun itu adalah daun jelatang. Cirinya, bentuk daul lebar di bagian tengah dengan rambut halus di permukaannya.

Selama ini daun jalatang dikenal "ganas" karena tak hanya perih, tapi juga menimbulkan gatal dan panas bahkan bengkak kulit yang menyentuhnya.

Meski demikian ternyata daun Jelang menyimpan manfaat bagi kesehatan. Tentunya setelah melalui proses pengeringan atau direbus.

Baca Juga: Penyebab Kulit Jadi Kering dan Tips Mengatasinya. Simak Ulasannya

Selain dengan cara dimasak untuk dikonsumsi, daun jelatang juga bisa diolah menjadi krim atau salep oles untuk kulit, minyak esensial, suplemen, dan teh dengan beragam manfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari laman alodokter, berikut ini manfaat daun jalatang untuk kesehatan :

1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Daun jelatang mengandung oksida nitrat yang bertindak sebagai vasodilator. Senyawa ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kemampuannya yang dapat merilekskan otot-otot pembuluh darah dan memperlancar aliran darah.

Namun, studi yang meneliti hal ini masih dilakukan pada hewan. Penelitian lebih lanjut terhadap manusia masih harus dilakukan untuk membuktikan khasiatnya.

2. Mengontrol kadar gula darah
Daun jelatang mengandung senyawa UD-1 yang menyerupai hormon insulin dalam tubuh. Oleh karena itu, daun jelatang memiliki potensi untuk mengontrol kadar gula darah pada kondisi diabetes. Namun, diperlukan studi lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya sebagai pengobatan penyakit diabetes.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Alodokter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X