Penyebab Kulit Jadi Kering dan Tips Mengatasinya. Simak Ulasannya

- Selasa, 20 September 2022 | 22:50 WIB
Ilustrasi kulit kering (Pexels.com)
Ilustrasi kulit kering (Pexels.com)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kulit akan menjadi kering manakala kandungan lemak pelindung di permukaan kulit berkurang. Dampaknya, kulit menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap polutan sehingga mudah memerah, iritasi, dan tidak nyaman. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perawatan kulit yang benar agar kulit kembali lembab.

Untuk mencegah kulit kering harus disesuaikan dengan karakter kulit yang kering. Pada kulit kering ruam kemerahan bisa muncul diakibatkan oleh kurangnya air pada permukaan kulit.

Dalam dunia medis, kondisi kulit kering bisa juga disebut dengan xerosis. Kondisi ini umumnya ditandai dengan kurangnya air dan lipid di lapisan luar kulit, yaitu epidermis. Akibat kekurangan lapisan pelindung ini, kulit jadi kehilangan kemampuannya untuk menahan air.

Baca Juga: Kandungan SLS Pada Kosmestika dan Sabun Beresiko Bagi Kulit. Agar Aman Perhatikan Hal ini

Ketika lapisan luar pelindung kulit tidak dapat berfungsi secara efektif, maka kulit tidak bisa terlindungi maksimal oleh penyebab iritasi seperti polusi, partikel alergen, dan sebagainya. Inilah sebabnya kulit jadi rentan dan lebih cepat teriritasi, sehingga menimbulkan kemerahan.

Setelah menegetahui karakter kulit yang kering barulah dilakukan upaya mengatasinya. Dikutip dari laman Halodoc, berikut ini tips Melindungi dan Mencegah Kulit Kering

1. Bersihkan, tetapi Jangan Rusak Kulit

Ada beberapa cara sederhana untuk bisa membersihkan kulit kering dan tetap menghindarkannya dari kerusakan, seperti:

Pilihlah mandi air hangat dalam waktu singkat daripada mandi air dingin dalam waktu lama, atau hindari berendam lebih dari 10 menit.
Gunakan gel pembersih yang lembut atau cairan pembersih yang diperkaya lipid untuk menetralkan air.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X