Enam Makanan Pilihan yang Bisa Menggantikan Nasi. Simak Ulasannya

- Minggu, 18 September 2022 | 21:44 WIB
kentang (Ilustrasi/Pixabay/S. Hermann & F. Richter)
kentang (Ilustrasi/Pixabay/S. Hermann & F. Richter)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Masyarakat Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Lantaran mengandung karbohidrat yang memadai, nasi merupakan sumber energi atau tenaga untuk beraktivitas.

Kendati demikian nasi tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang mengidap kesehatan tertentu misalnya alergi atau obesitas sehingga perlu menjalani diet.

Selain itu orang yang menderita diabetas juga dibatasi makan nasi. Pasalnya nasi juga mengandung gula sehingga bisa memperparah stadium diabetes yang diidap orang yang bersangkutan.

Baca Juga: Meski Bebas Kolesterol Hindari Makan Kerupuk Pasir Berlebihan. Ini Masalahnya

Manakala seseorang harus mengurangi makan nasi, bagaimana untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi bagi tubuh? Solusinya, konsumsilah makanan yang bisa menjadi pengganti nasi

Dikutip dari laman halodoc, berikut ini beberapa pilihan makanan pengganti nasi yang bisa dicoba:

1. Kentang
Kentang adalah sumber karbohidrat yang jusa sangat serbaguna. Ada banyak variasi olahan yang bisa dibuat dari kentang. Mulai dari merebus, memanggang, dan menggorengnya.

Selain kaya akan karbohidrat, kentang juga mengandung banyak nutrisi penting. Termasuk protein, kalium, folat, antioksidan, serat, vitamin B6, dan vitamin C.

2. Ubi Jalar
Ubi jalar juga merupakan makanan pengganti nasi yang tak kalah menyehatkan. Umbi-umbian ini mengandung karbohidrat, zat gizi mikro, serat, dan mineral, serta antioksidan yang dapat membantu melindungi dari berbagai masalah kesehatan.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X