Tata Cara Isolasi Mandiri Bagi Pengidap Penyakit Cacar Monyet

- Rabu, 7 September 2022 | 20:13 WIB
Ilustrasi cacar monyet (Shutterstock.com/Marina Demidiuk)
Ilustrasi cacar monyet (Shutterstock.com/Marina Demidiuk)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Badan kesehatan dunia WHO mengingatkan adanya ancaman penyakit cacar monyet bagi kesehatan manusia. Diketahui cacar monyet telah menyebar di sejumlah negara. Salah satunya di Indonesia.

Bulan lalu kasus pertama cacar monyet telah ditemukan di Jakarta. Hal itu menuntut kita untuk meningkatkan kewaspadaan. Sebab cacar monyet dapat menular melalui kontak dekat, terutama kontak kulit.

Dikutip dari laman halodoc, penularan cacar monyet terjadi melalui kontak orang ke orang terdekat melalui sentuhan kulit. Ini sungguh kondisi berbeda bila dibandingkan dengan pandemi COVID-19, di mana SARS-CoV-2 menyebar di antara sejumlah besar orang yang bahkan tidak memiliki kontak fisik dekat.

Baca Juga: Manfaat Daun Bidara, Mengatasi Diabetes Hingga Obat Penurun Panas

Hingga saat ini cacar monyet sudah menyebabkan kematian di Afrika dan India. Tingkat kematiannya menurut WHO adalah sebesar 3 hingga 6 persen dari total kasus. Angka itu belumlah signifikan. Namun penyakit ini juga bisa mengakibatkan komplikasi mulai dari dari pneumonia sampai infeksi di otak (ensefalitis) atau mata.

Diinformasikan orang yang terinfeksi virus cacar monyet dapat menyebarkan penyakit dari saat gejala dimulai sampai gejala hilang. Bahkan saat penyembuhan ruam sedang berlangsung dengan pembentukan lapisan kulit baru, pengidapnya masih bisa menginfeksi orang lainnya.

Kendati demikian cacar monyet relatif bisa ditangani. Lantaran penyakit itu sudah ada sejak lama sehingga jenis obat dan vaksinya sudah ada. Bahkan orang yang pernah mendapat vaksin cacar waktu lalu dapat memberikan memberikan perlindungan dari cacar monyet.

Oleh karena itu kebanyakan pengidapnya tidak memerlukan rawat inap. Centers for Disease Control and Prevention pun merekomendasikan agar orang yang mengidap cacar monyet melakukan isolasi mandiri di rumah.

Baca Juga: Ulama Perempuan Akan Menggelar Kongres di Jateng, Terungkap Tujuannya

Kemenkes RI sendiri menyarankan isolasi mandiri dilakukan di rumah, namun ini bisa tergantung pada tingkat keparahan pengidap cacar monyet.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X