Manfaat Tanaman Temu Ireng Bagi Kesehatan Tubuh. Simak Ulasannya

- Sabtu, 3 September 2022 | 22:28 WIB
 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan Tubuh (ringtimesbanyuwangi-pikiranrakyat)
Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan Tubuh (ringtimesbanyuwangi-pikiranrakyat)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Masyarakat Indonesia tentunya familiar dengan istilah apotek hidup, yakni jenis tanaman yang bisa digunakan untuk obat yang lazim disebut obat herbal. Biasanya tanaman itu diramu menjadi jamu untuk dikonsumsi sebagai obat. Salah satu tanaman yang bisa untuk jamu yakni temu ireng.

Temu ireng bermanfaat bagi kesehatan karena memiliki beberapa kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk pengobatan di antaranya Flavonoid, Alkaloid, terpenoid, tanin, polifenol, antimikroba, antiradang, antikanker, minyak atsiri, kurkumin, dan antijamur.

Baca Juga: Lima Buah yang Dapat Mengatasi Asam Lambung Naik. Simak Ulasannya

Tanaman temu ireng biasanya dikonsumsi dalam bentuk jamu yang rasanya pahit dan hampir serupa dengan jahe.

Untuk meringankan rasa pahit yang muncul, biasanya tanaman herbal ini bisa dicampur dengan gula jawa atau madu. Dengan begini, jamu tradisional dengan temu hitam ini jadi lebih bisa dinikmati.

Kendati demikian temu ireng tidak selalu dibuat sebagai jamu yang dikonsumsi atau diminum. Temu ireng juga bisa dibuat menjadi ramuan obat luar.

Lalu apa saja manfaat temu ireng untuk kesehatan. Dikutip dari laman halodoc berikut ini manfaat temu ireng untuk Kesehatan :

1. Mencerahkan Kulit Ketiak
Tentunya kamu perlu merawat tubuh secara menyeluruh untuk memastikan kesehatan terjaga dengan baik. Nah, salah satu bagian tubuh yang tidak boleh terlewatkan adalah bagian ketiak.

Menjaga kebersihan ketiak akan membuat kamu terhindar dari bau badan. Bahkan, kamu juga bisa memiliki kulit ketiak yang cerah. Kulit ketiak yang cerah nyatanya juga bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X