Lima Buah yang Dapat Mengatasi Asam Lambung Naik. Simak Ulasannya

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 21:52 WIB
ilustrasi buah-buahan
ilustrasi buah-buahan

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Keberadaan zat asam di lambung dibutuhkan dalam sistem pencernaan, salah satunya untuk membunuh kuman yang masuk bersamaan makanan. Kendati demikian jika kadarnya berlebihan, maka asam lambung justru akan menimbulkan rasa sakit.

Di saat asam lambung naik dapat memicu sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain itu, keluhan lain seperti mulut terasa asam, mual, muntah, dan perut kembung.

Situasi itu tentunya sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Oleh karena itu asam lambung berlebih harus diatasi. Salah satu caranya dengan mengonsumsi buah-buah tertentu yang dapat meredakan dampak asam lambung naik.

Baca Juga: Enam Manfaat Jus Buah Mangga Bagi Kesehatan Badan. Simak Ulasannya

Dilansir dari laman alodokter berikut ini jenis buah-buahan yang dapat mengatasi asam lambung.

1. Apel
Apel dipercaya bisa mengatasi asam lambung karena di dalamnya terdapat serat larut bernama pektin. Jenis serat ini bisa membuat Anda merasa cepat kenyang dan tidak makan secara berlebihan atau terlalu cepat.

Selain itu, apel juga mengandung kalsium, magnesium, dan kalium. Ketiga mineral ini dipercaya dapat menetralkan asam, sehingga bisa meredakan gejala asam lambung naik.

2. Pisang
Pisang merupakan salah satu buah untuk asam lambung. Ini karena dalam pisang terdapat kalium yang berfungsi untuk menetralkan asam. Buah ini juga mengandung serat larut yang baik untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna.

3. Alpukat
Buah alpukat rendah asam dan memiliki tekstur yang lembut, sehingga konsumsinya tidak mengiritasi kerongkongan dan lambung. Di dalam alpukat juga terdapat kalsium, kalium, dan magnesium yang diketahui dapat menetralkan asam lambung.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X