Tips Sehat : Cara Mencegah Kentut Berlebihan. Simak Ulasannya

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 17:50 WIB
Ilustrasi kentut
Ilustrasi kentut

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kentut adalah proses mengeluarkan gas berlebih dari sistem pencernaan. Kentut merupakan sesuatu yang alamiah dan normal. Kebanyakan orang mengeluarkan kentut sebanyak lima sampai 23 kali per hari.

Kendati normal, beberapa orang kerap menahan kentut ketika bersama banyak orang karena malu. Padahal menahan kentut tersebut mengundang resiko bagi kesehatan. Di antaranya timbulkan sakit pada usus, kembung, sendawa, dan nyeri perut.

Lalu bagaimana menyikapinya? Kentut tidak boleh ditahan karena berkait erat dengan kesehatan. Meski demikian kentut bisa dikendalikan dengan cara mengurangi frekuensinya. Dikutip dari laman Halodoc, berikut ini cara mencegah kentut berlebihan.

Baca Juga: Manfaat Daun Bidara, Mengatasi Diabetes Hingga Obat Penurun Panas

Menghindari Pemicunya
Langkah pertama untuk mengurangi gas adalah mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Menghindari makanan penyebab gas selama beberapa minggu mungkin bisa membantu. Kamu bisa mulai dengan menghilangkan bawang putih, apel, mangga, plum, kembang kol, dan sebagian besar produk yang mengandung gluten.

Hindari Rokok dan Permen Karet
Kebiasaan yang mengharuskan kamu membuka mulut berulang kali, seperti mengunyah permen karet dan merokok dapat menyebabkan masuknya udara yang berujung pada peningkatan gas. Semakin banyak gas yang masuk ke tubuh, semakin sering pula kamu akan membuangnya.

Makan dengan Porsi Kecil
Makanan besar dan berat dapat menyebabkan peningkatan jumlah gas yang dibuat pada satu waktu. Jadi, kamu bisa makan dengan porsi kecil sepanjang hari untuk mengurangi produksi gas yang dihasilkan oleh tubuh.

Baca Juga: Fifi Skin Clinic Gunakan Bahan yang Lebih Aman untuk Perawatan Kulit

Jalan Kaki Setelah Makan
Olahraga dapat membantu mempercepat kerja pencernaan dan menjaga prosesnya tetap optimal. Berjalan-jalan setelah makan malam dapat membantu mengurangi gas dan kembung, sekaligus memberi kesempatan untuk melepaskannya secara diam-diam di luar ruangan.

Itulah cara mencegah mengurangi frekuensi kentut sehingga tidak berlebihan. Semoga bermanfaat. ***

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X