Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan dan Fungsi Otak. Simak Ulasannya

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 21:52 WIB
Bawang putih dan bawang hitam yang merupakan hasil fermantasi dari bawang putih. (Dinas Pertanian Pemkab Buleleng)
Bawang putih dan bawang hitam yang merupakan hasil fermantasi dari bawang putih. (Dinas Pertanian Pemkab Buleleng)

SUARA MERDEKA PEKALOGAN-Bawang hitam diyakini memiliki banyak manfaat bagi manusia, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga meningkatkan fungsi otak. Bagaimana cara mendapatkan bawang hitam?

Untuk mendapatkan bawang hitam tidaklah susah. Lantaran bawang hitam merupakan hasil dari fermentasi bawang putih yang banyak kita jumpai.

Diketahui bawang putih yang mentah difermentasi akan menghasilkan bawang hitam atau black garlic.

Baca Juga: Fakta Seputar Minum Kopi Saat Perut Belum Terisi Makanan. Simak Ulasannya

Untuk melakukan farmentasinya: ambilah bawang putih mentah yang masih segar. Lalu bawang itu disimpan pada suhu antara 60 sampai 77 derajat Celsius selama sekitar 30 hingga 90 hari.

Selama berada pada fase fermentasi itulah, bawang putih akan mengalami perubahan warna menjadi hitam. Tak hanya itu, teksturnya juga lebih kenyal dan lembut, serta rasanya sedikit asam. Masyarakat kerap mengatakan bahwa rasa dari bawang hitam ini mirip dengan permen asam jawa.

Setelah menjadi bawang hitam, diyakini memiliki segudang manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh dan otak berkat nutrisi yang dimilikinya.

Diikutip dari laman halodoc berikut ini manfaat bawang hitam atau Black Garlic untuk Kesehatan dan otak :

Menunjang Kesehatan Jantung
Bawang hitam memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan yang didapat dari senyawa bioaktif di dalamnya. Kedua sifat ini sangat baik untuk menunjang kesehatan jantung, dengan cara memberikan perlindungan terhadap sel yang berada pada sistem kardiovaskular.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X