Isotretinoin Ampuh Atasi Jerawat Parah di Wajah, Simak Ulasannya

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:34 WIB
ilustrasi jerawat di antara alis
ilustrasi jerawat di antara alis

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jerawat di wajah kerap menggangu kenyamanan dalam pergaulan. Apalagi jika jerawat terbilang parah baik yang menyebar banyak maupun besar-besar. Banyak faktor yang menyebabkan kemunculan jerawat pada wajah di antaranya pola makanan dan hormon. Lalu bagaimana mengatasi jerawat yang parah?

Di dunia medis terdapat obat yang khusus digunakan untuk mengobati jerawat yang berkategori parah yang disebut jerawat kistik parah atau jerawat nodul. Obat itu dikenal dengan sebutan isotretinoin.

Dikutip dari laman Halodoc, isotretinoin digunakan setelah obat jerawat lain atau antibiotik tidak berhasil.

Perlu diinformasikan pula isotretinoin dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit lainnya sesuai dengan rekomendasi dokter. Kendati demikian issotretinoin tidak sembarang pakai. Orang hamil atau sedang berencana memiliki anak pangtang mengonsumsi isotretioin.

Baca Juga: Fifi Skin Clinic Gunakan Bahan yang Lebih Aman untuk Perawatan Kulit

Manfaat Isotretinoin untuk Mengatasi Jerawat Parah

Tadi sudah disinggung bahwa isotretinoin adalah obat yang digunakan untuk mengobati jerawat kistik parah atau juga dikenal sebagai jerawat nodul. Obat ini diberikan bila obat lain seperti benzoil peroksida, klindamisin, tetrasiklin, atau minosiklin tidak memberikan respons.

Isotretinoin bekerja dengan mengurangi produksi minyak wajah (sebum). Jumlah sebum yang tinggi dapat menyebabkan jerawat parah. Jika tidak diobati, jerawat parah dapat menyebabkan jaringan parut permanen.

Isotretinoin digunakan sesuai dengan resep dan petunjuk dokter. Isotretinoin biasanya diminum dua kali sehari selama 15 – 20 minggu. Sebaiknya obat ini dikonsumsi setelah makan. Makanan membantu meningkatkan penyerapan obat ke dalam aliran darah.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X