Enam Manfaat Jus Buah Mangga Bagi Kesehatan Badan. Simak Ulasannya

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 22:17 WIB
Resep Jus Mangga Segar dan Mudah, Lengkap dengan Bahan dan Cara Membuatnya (Foto Tangkapan Layar Youtube Dapur bu Titin)
Resep Jus Mangga Segar dan Mudah, Lengkap dengan Bahan dan Cara Membuatnya (Foto Tangkapan Layar Youtube Dapur bu Titin)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Masyarakat Indonesia pasti familiar dengan buah mangga. Lantaran sebagai negara tropis, Indonesia merupakana lahan subur bagi pohon mangga. Bisa dipastikan di semua daerah ditumbuhi pohon mangga. Pada saat musimnya, kita disuguhi buah mangga yang berlimpah. Harganya pun jadi murah meriah. Rasanya yang manis menjadikan buah mangga disukai banyak orang.

Kendati murah, buah mangga mengandung manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Lantaran di dalamnya terdapat senyawa amilase yang berfungsi untuk melarutkan makanan di perut dan memecah karbohidrat kompleks yang cenderung susah dicerna.

Baca Juga: Ibu Hamil di Desa Kedungkelor Tegal Disediakan Kawasan Buah dan Gizi. Ini Tujuannya

Diketahui dalam satu mangga seberat 156 gram, terdapat 67 persen kandungan vitamin C. Angka itu terbilang cukup untuk memenuhi nutrisi harian bagi tubuh.

Dikutip dari laman halodoc, sebuah studi menemukan jika rajin mengonsumsi mangga juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan. Di antaranya meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker dan beberapa manfaat lainnya. Untuk mendapatkan manfaatnya alangkah baiknya mangga dibuat jus. Sebab dengan dibuat jus maka lebih nikmat saat dikonsumsi.

Berikut ini manfaat mengonsumsi buah mangga :

1. Mencegah diabetes
Buah ini punya cita rasa manis yang berasal dari kandungan gula alaminya. Satu buah mangga berukuran sekitar 165 gram bisa mengandung 22 gram gula alami. Tak usah khawatir soal jumlahnya yang cukup tinggi. Tidak ada penelitian yang membuktikan kalau mangga bisa memicu diabetes.

Malahan, hampir sebagian besar studi mengungkap kalau sering mengonsumsi buah-buahan mampu menurunkan risiko diabetes. Perlu digaris bawahi jika manfaat tersebut berlaku pada jus mangga yang tidak ditambahi gula, ya!

Kendati tidak terbukti memicu diabetes, mangga berpotensi memicu lonjakan gula darah dalam satu waktu. Efek ini hanya bisa terjadi ketika kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Oleh karena itu, konsumsi mangga dalam jumlah sedang saja. Sandingkan dengan makanan lain yang kaya serat dan protein untuk mencegah kondisi di atas.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Halodoc

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X