Tiga Indikator Seseorang Dianggap Layak Menjadi Pemimpin Berkualitas

- Kamis, 23 Juni 2022 | 14:32 WIB
Ilustrasi CEO dan Karyawannya/pexels.com
Ilustrasi CEO dan Karyawannya/pexels.com

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Seorang perempuan muda (usia 25 tahun) yang berkarier di bidang teknologi kedokteran bertanya: bagaimana cara saya menjadi CEO?

Perempuan muda ini punya ambisi kuat. Mungkin ia percaya diri bisa menggapai itu karena punya rekam jejak akademik yang baik juga pengetahuan pada bidang yang strategis: teknologi.

Sally Blount, ahli strategi dan mantan dekan di Northwestern University’s Kellogg School of Management, dan Paul Leinwand dari PwC’s Strategy kurang lebih menjawab begini.

Baca Juga: Satgas BLBI Sita Aset Milik PT Bank Asia Pacifik Senilai Rp 2 Triliun

Jangan terburu-buru ingin jadi pemimpin deh. Jawab dulu dua pertanyaan ini.

Pertanyaan pertama, apakah kamu beneran punya motivasi, fokus, dan ketangguhan yang dibutuhkan untuk sebuah proses yang mungkin akan makan waktu puluhan tahun?

Di Amerika, usia rata-rata CEO dan CFO adalah 54 dan 48. Angka ini naik terus karena organisasi menjadi semakin kompleks dan memerlukan orang yang lebih berpengalaman.

Kalau sekadar pengin, itu tak menjamin kamu jadi pemimpin yang baik karena keinginan itu gampang berubah. Kalau sekadar berambisi, setiap organisasi punya ratusan orang yang punya ambisi jadi pemimpin puncak.

Baca Juga: Hadapi Ancaman Krisis Pangan Global, Jokowi Titahkan 3 Hal ke Menterinya

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X