Mengenali Hipotensi dari Gejala , Penyebab, Hingga Upaya Mengatasinya

- Kamis, 13 Januari 2022 | 21:28 WIB
ilustrasi (halodoc.com)
ilustrasi (halodoc.com)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Hipotensi atau biasa dikenal tekanan darah rendah terjadi ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibanding tekanan darah normal.

Sebagaimana yang dilansir dari halodoc.com, tekanan darah yang normal adalah antara 90/60 mm/Hg dan 120/80 mm/Hg. Pengidap hipotensi memiliki tekanan darah di bawah 90/60 mm/Hg, sedangkan jika tekanan darah di atas 120/80 mm/Hg, orang tersebut mengidap hipertensi (tekanan darah tinggi).

Baca Juga: Cegah Penuaan Dini Hingga Diabetes, Ini KhasiatJambu Biji untuk Kesehatan

Gejala Hipotensi
Ada saat dimana hipotensi tidak bergejala. Namun apabila kondisi darah tergolong sangat rendah, tubuh akan memberikan tanda-tanda seperti lemas, mual, pusing, jantung berdetak kencang, pandangan berkunang-kunang, hilangnya keseimbangan hingga dapat berakibat pingsan atau hilang kesadaran.

Kondisi ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari terutama aktivitas outdoor. Yang mana dapat menghambat kinerja kegiatan.

Kondisi ini juga memungkinkan seseorang mudah mengalami kelelahan meski tanpa melakukan aktivitas berat yang berarti.

Faktor Pemicu Hipotensi
-Dehidrasi
Dehidrasi merupakan suatu kondisi tatkala tubuh kekurangan cairan. Jumlah presentase cairan yang hilang lebih tinggi bila dibandingkan dengan cairan yang masuk. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan sehingga berujung pada ketidakmaksimalan fungsi-fungsi dalam tubuh.

- Kehilangan banyak darah
Hal ini dapat terjadi akibat cedera fatal yang memungkinkan berkurangnya jumlah darah dalam tubuh seseorang sehingga penurunan tekanan darah secara drastis tidak dapat dihindari.

- Kehamilan
Kondisi yang umum dialami oleh para ibu hamil, mengingat pada masa-masa ini sistem peredaran darah meluas dengan cepat sehingga tekanan darah cenderung turun.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaat Lilin Aroma Terapi Untuk kesehatan Mental

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 16:05 WIB
X