Soroti APBD Masih Mengendap Rp 278 Triliun, Presiden Jokowi Sebut Uang Investor

- Rabu, 30 November 2022 | 21:46 WIB
Presiden Joko Widodo saat buka Rakornas Investasi 2022 di Jakarta (30/11/2022)
Presiden Joko Widodo saat buka Rakornas Investasi 2022 di Jakarta (30/11/2022)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Presiden Jokowi menegur keras para kepala daerah kerena Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) masih mengendap di bank sebesar Rp278,83 triliun.

Jokowi mengingatkan bahwa pemerintah pusat telah berupaya mendatangkan uang dari investor untuk masuk ke dalam negeri tapi daerah tak maksimal membelanjakan APBD.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2022 di The Ritz-Carlton, Jakarta, Rabu 30 November 2022.

“Kita ini cari investasi agar dapat arus modal masuk, yang sudah ada di kantong enggak dipakai, ya percuma. Rp278 triliun gede banget lho, gede banget, besar sekali. Ini kalau cepat direalisasikan, cepat dibelanjakan, ini mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di daerah, hati-hati,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Meski Kalah di WTO, Larangan Ekspor Bahan Nikel Terus Berlanjut

Presiden Jokowi pun mengungkapkan bahwa besaran realisasi belanja nasional lebih tinggi dibanding realisasi belanja daerah, yaitu 76 persen berbanding 62 persen.

“Ini sudah Desember lho, besok sudah Desember, hati-hati. Artinya, kita pontang-panting cari arus modal masuk, cari capital inflow lewat investasi, tetapi uang yang ada di kantong sendiri tidak diinvestasikan. Ini hati-hati, ini keliru besar ini, keliru besar,” pungkasnya.

Menyikapi situasi itu Presiden Jokowi pun memerintahkan kepada para kepala daerah untuk segera merealisasikan APBD guna mengungkit pertumbuhan ekonomi daerah.

“Ini mengenai APBD, karena mumpung ada gubernur, bupati, wali kota, ini saya ingatkan, kita ini mencari uang dari luar agar masuk, terjadi perputaran uang yang lebih meningkat; tetapi uang kita sendiri yang ditransfer dari Menteri Keuangan ke daerah-daerah justru enggak dipakai,” ujar Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X