Hadapi Ancaman Krisis Pangan Dunia, BUMN ini Ungkap Stok Pupuk Indonesia

- Senin, 28 November 2022 | 15:45 WIB
Pupuk subsidi di Kota Pekalongan (pekalongankota.go.id)
Pupuk subsidi di Kota Pekalongan (pekalongankota.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Perang antara Rusia dan Ukraina memicu krisis ekonomi dan krisis pangan global. Krisis itu diawali dengan minimnya pasokan pupuk karena Rusia dan Ukrainan merupakan pemasok bahan baku pupuk dunia.

Meski demikian, Indonesia terbilang aman dari ancaman krisis pupuk. Indikasinya saat ini stok pupuk di Indonesia aman memenuhi kebutuhan nasional.

Baca Juga: Forum Pertemuan Parlemen G20, Puan Soroti Krisis Pangan Global dan Tantangan Ekonomi

Hal itu nampak dari persediaan pupuk yang dimiliki PT Pupuk Indonesia. Perusahaan BUMN itu memastikan persediaan pupuk di Indonesia aman dan mencukupi. Saat ini stonya masih ada 1,3 juta ton pupuk untuk persiapan tahun depan.

Informasi itu disampaikan Senior Executives Vice President (SEVP) Operasi Pemasaran Pupuk Indonesia, Gatoet Gembiro Noegroho dikutip dari laman rri.co.id pada Senin 28 November 2022.

"Produksi tiga juta ton sampai harusakhir tahun. Subsidi 2,1, kebutuhan dalam negeri lainnya itu satu juta," kata Gatoet.

Ia memastikan produksi di pabrik pun berjalan normal. Kemudian adanya sejumlah langkah lain yang dipersiapkan untuk meningkatkan produksi.

"Untuk persiapan tahun depan, kemungkinan ekspor pupuk akan dihentikan. Itu untuk menjamin kebutuhan dalam negeri dulu," ujarnya.

Baca Juga: Polri Sampaikan Hasil Pemantauan Distribusi Pupuk Subsidi ke Mentan

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X