Bertemu Pemimpin Hong Kong, Presiden Jokowi Singgung Perlindungan PMI

- Jumat, 18 November 2022 | 21:43 WIB
Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Chief Executive Daerah Adminitrasi Khusus Hong Kong John Lee di sela-sela agenda APEC di Bangkok (Laily Rachev, Biro Pers Setpres)
Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Chief Executive Daerah Adminitrasi Khusus Hong Kong John Lee di sela-sela agenda APEC di Bangkok (Laily Rachev, Biro Pers Setpres)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Thailand. Banyaknya Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mencari nafkah di Hong Kong menjadi perhatian Presiden Jokowi. Oleh karena itu perlindungan PMI di Hong Kong termasuk isu utama yang disinggung Presiden Jokowi saat melakukan pertemuan dengan dengan Chief Executive Daerah Adminitrasi Khusus Hong Kong John Lee.  

Pertemuan itu berlangsung di sela pertemuan pemimpin ekonomi APEC di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok, Jumat 18 November2022.

Terkait perlindungan WNI, Presiden Jokowi mengapresiasi atas komitmen Hong Kong yang memberikan perlindungan PMI secara baik dan memberi bantuan dan fasilitas yang memadai terutama selama pandemi COVID-19.

Baca Juga: Pramono Anung Ungkap Reaksi Jokowi Terhadap Wanita yang Terobos Mobilnya

Di samping itu, kedua pemimpin tersebut membahas dua isu utama penting lainnya yakni kerja sama perdagangan dan investasi.

“Saya melihat banyak potensi yang dapat digarap khususnya dengan Hong Kong untuk mewujudkan kerja sama perdagangan yang seimbang. Akses produk Indonesia dapat diperluas, termasuk perikanan, makanan olahan dan rempah-rempah,” ucap Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa Hong Kong, memiliki potensi sebagai entry point ekspor Indonesia ke Mainland China.

Di bidang Investasi, Presiden Jokowi mengundang para investor Hong Kong, sebagai salah satu sumber investasi terbesar Indonesia untuk dapat mendukung pembangunan IKN sebagai Green City.

“Investor Hong Kong dapat turut mengembangkan infrastruktur, transportasi, green energy, transformasi digital dan value added industries,” kata Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X