BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Nasional Hingga Tahun Depan 5,3 Persen

- Rabu, 9 November 2022 | 21:48 WIB
Logo - Bank Indonesia. (KLIKTIMES.COM/HO)
Logo - Bank Indonesia. (KLIKTIMES.COM/HO)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Bali. Perekonomian Indonesia sepanjang 2022 hingga tahun depan diperkirakan akan tumbuh pada kisaran 4,5 -5,3 persen mencapai batas atas. Indikatornya Produk Domestik Bruto (PDB) sendiri mencatat pertumbuhan sebesar 5,4 persen selama sembilan bulan 2022, dibanding periode Januari–September tahun lalu.

Hal itu dikemukakan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo Tim Komunikasi dan Media G20 pada Rabu 9 November 2022.

Lebih lanjut Dody menyebut pertumbuhan ekonomi itu berbanding lurus dengan kinerja ekspor barang dan jasa yang tumbuh 19,57 persen. Angka tersebut diikuti oleh konsumsi lembaga nonprofit yang melayani rumah tangga (LNPRT) dan konsumsi rumah tangga.

Baca Juga: KPK Akan Tentukan Langkah Hukum Lanjutan Terhadap Tersangka Lukas Enembe

Terkait tantangan perekonomian global hingga tahun depan, Dody optimis mudah mengatasinya. Menurutnya, ancaman terhadap inflasi selalu diikuti pengetatan keuangan global, krisis pangan dan energi yang mendorong ekonomi global.

Pengetatan keuangan global salah satunya dengan menaikan suku bunga Federal Reserve yang agresif menyebabkan dolar menguat cukup kuat terhadap jumlah uang di dunia. Maka sejumlah nilai tukar di Asia termasuk rupiah mengalami pelemahan dolar AS yang terlalu kuat.

Menyikapi situasi itu Bank Indonesia akan melakukan upaya menekan Inflasi dengan sejumlah intervensi.

"Kedepannya, kebijakan yang dicapai bank sentral akan mendukung kembali dan menekan inflasi sesuai dengan target yang ditetapkan," kata Dody.

Nantinya Inflasi inti akan menuju sasarannya pada kuartal dua yakni pada tahun 2023. Dan target inflasi Indonesia sepanjang 2022 hingga 2023 ditetapkan sekitar 2% - 4 persen.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X