Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 400 Miliar untuk Tingkatkan Produksi Kedelai

- Senin, 19 September 2022 | 17:10 WIB
Kedelai GMO
Kedelai GMO

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Pemerintah telah menyiapkan anggaran sekitar Rp400 miliar untuk pengembangan lahan tanaman keledai hingga 300 ribu hektare. Langkah itu diambil untuk meningkatkan produksi kedelai dalam negeri

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto dalam keterangan pers usai mengikuti rapat terbatas (ratas) bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 19 September 2022.

“Langkah berikut yang sudah disiapkan oleh anggaran pemerintah itu untuk perluasan ke 300 ribu hektare, anggarannya sekitar Rp400 miliar. Dan tahun depan akan ditingkatkan dari 300 ribu menjadi 600 ribu hektare,” ujar Airlangga.

Baca Juga: Penjualan Mobil Tumbuh. GIASS 2022 Bukukan Transaksi Rp 11,74 Triliun

Sementara itu Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan selain perluasan lahan akan dilakukan penanaman kedelai dengan dengan bibit varietas yang lebih unggul, bahkan apabila diperlukan menggunakan bibit produk rekayasa genetik atau genetically modified organism (GMO) maupun bibit impor.

“Menggunakan GMO kalau perlu, menggunakan bibit impor kalau perlu, dan tentu mempersiapkan bibit-bibit nasional atau lokal dengan varietas tinggi,” ujar Syahrul Yasin

Dengan penggunaan varietas yang lebih unggul ini, diharapkan produksi kedelai di tanah air dapat meningkat secara signifikan.

“Selama ini kedelai misalnya hanya [menghasilkan] 1,5 sampai 2 ton per hektare. Diharapkan kita bisa mendapatkan varietas yang mampu [berproduksi] di atas 3 sampai 4 ton per hektare,” ujarnya.

Di sisi lain, pemerintah juga memperhatikan rendahnya penanaman kedelai yang dilakukan petani.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X