2 Perusahaan Startup Ciptakan Platform Digital Buat Petani dan Nelayan. Ini Manfaatnya

- Jumat, 16 September 2022 | 22:02 WIB
Nelayan
Nelayan

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Dua perusahaan startup digital nasional yakni Crowde dan Aruna Indonesia telah menciptakan platform digital yang ditujukan kepada petani dan nelayan. Platform tersebut sengaja dibuat sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan para petani dan nelayan.

Diketahui platform digital itu menyediakan aplikasi yang mempertemukan nelayan maupun petani dengan pasar (market) sehingga tidak perlu melalui tengkulak. Transaksi langsung antar keduanya menjadikan petani dan nelayan mendapatkan harga pasar yang memadai sehingga kesejahteraannya pun meningkat.

Baca Juga: Agar Pekerja Mendapatkan Bantuan Subsidi Upah, Begini Syaratnya

Hal itu dikemukakan Chief Operating Officer (COO) Crowde Andrew Tobing dalam talkshow daring Pahlawan Digital UMKM bertajuk “Bibit Unggul Digital untuk UMKM Agribisnis”, Kamis 15 September 2022 malam.

“Hasil panen para petani kita rasakan tiap hari, konsumsi produk pertanian makin banyak, tapi petani di pedesaan makin susah, makin melarat, harus mengandalkan tengkulak. Nah kita mau memecahkan isu ini,” kata Andrew.

Tak hanya petani, menurut Head of Public Policy & Government Relations Aruna Indonesia Elkana Lewerissa, banyak juga nelayan Indonesia yang hidupnya tak sejahtera.

“Negara kita negara maritim, kita penghasil ikan terbesar kedua di dunia, tetapi yang mengejutkan, nelayan kita masuk dalam kategori kemiskinan ekstrem,” ujar Elkana dalam talkshow yang sama.

Menurutnya, penciptaan platform tersebut dilatarbelakangi bahwa Indonesia merupakan negara agraris dengan sebagian besar penduduk bekerja di sektor pertanian. Tak hanya itu, Indonesia juga menyandang status negara maritim dengan kekayaan laut yang melimpah.

Namun, status Indonesia sebagai negara agraris dan negara maritim tak serta merta membuat para petani dan nelayan sejahtera. Sebaliknya, banyak petani dan nelayan Indonesia hidup di garis kemiskinan.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X