Presiden Jokowi Minta Para Ekonom Berpikir Ala Abu Nawas dan Kancil

- Rabu, 7 September 2022 | 17:20 WIB
Presiden Jokowi saat membuka Sarasehan 100 Ekonom Indonesia Tahun 2022 di Auditorium Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, pada Rabu, 7 September 2022. (BPMI Setpres/Cover Both Side)
Presiden Jokowi saat membuka Sarasehan 100 Ekonom Indonesia Tahun 2022 di Auditorium Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, pada Rabu, 7 September 2022. (BPMI Setpres/Cover Both Side)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Presiden Jokowi meminta para ekonom untuk meninggalkan cara-cara lama dalam menghadapi situasi yang penuh ketidakpastian, berubah begitu cepat, serta dihadapkan pada berbagai krisis saat ini.

Menurut Jokowi menghadapi tantantan saat ini dibutuhkan gaya berpikir ala ‘Abu Nawas’ dan gaya kancil-kancil yakni agak melompat-lompat tapi tepat.

Baca Juga: Profil Singkat Azwar Anas, Menteri PANRB yang Baru Dilantik Presiden Jokowi

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya saat membuka Sarasehan 100 Ekonom Indonesia Tahun 2022, Rabu 7 September 2022 di Auditorium Menara Bank Mega, Jakarta Selatan.

Diketahui forum tersebut dihadiri 100 ekonom dengan berbagai latar belakang profesi yang mengangkat tema ‘Normalisasi Kebijakan Menuju Pemulihan Ekonomi Indonesia’.

“Saya juga titip pada para ekonom, jangan menggunakan pakem-pakem yang ada, jangan menggunakan sesuatu yang standar, karena ini keadaannya tidak normal, sangat tidak normal. Dibutuhkan pemikiran yang ‘Abu Nawas’, yang kancil-kancil gitu, agak melompat-lompat, tapi memang, memang harus seperti itu,” ujar Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menekankan bahwa dalam bekerja di tengah situasi yang sangat tidak normal seperti sekarang dibutuhkan kerja yang sangat detail bukan hanya pada level makro.

“Bekerja sekarang pun tidak bisa makro saja, enggak bisa. Ditambah mikro pun mungkin masih juga belum dapat. Sehingga makro iya, mikro iya, detail, fokus,” ujarnya.

Baca Juga: Respon KPK Terkait Pembebasan Bersyarat 23 Napi Koruptor oleh Kemenkumham

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X