Sejak Divestasi 51 Persen, PT Freeport Indonesia dikunjungi Presiden Jokowi

- Kamis, 1 September 2022 | 15:33 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi bersama rombongan tiba di Grasberg, Kamis 1 September 2022 / setkab
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi bersama rombongan tiba di Grasberg, Kamis 1 September 2022 / setkab

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Papua. Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke lokasi tambang PT Freeport Indonesia (PTFI) di Papua. Presiden Jokowi merupakan presiden kedua yang mengunjungi Freeport setelah Presiden Soeharto 49 tahun silam. Saat itu Presiden Soeharto meresmikan beroperasinya pertambangan PT Freeport Indonesia yang mana saat itu Indonesia hanya mememiliki 10 persen saham di PT FI.

Kali ini PT FI dikunjungi Presiden Jokowi dengan posisi Indonesia sebagai pemilik mayoritas perusahaan tambang emas itu. Yakni 51 persen saham PT FI dimiliki Indonesia melalui BUMN.

Baca Juga: Harga Barang Alami Deflasi 0,21 Persen. Dipengaruhi Komoditas Ini

Presiden Jokowi menekankan agar PT FI memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia melalui produk turunan tambang yang memiliki nilai tambah lebih.

Ketika di PT FI Presiden Jokowi juga menyempatkan diri mengunjungi bukit Grasberg. Setelah menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi bersama rombongan tiba di Grasberg, Kamis 1 September 2022, pukul 08.15 Waktu Indonesia Timur (WIT).

Di Grasberg, Presiden Jokowi dan Ibu Negara didampingi Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas mengunjungi Museum Bunaken untuk mendapatkan penjelasan tentang sejarah pertambangan PTFI.

Tony menjelaskan bahwa Grasberg adalah tambang kedua, sedangkan tambang pertama adalah Ertsberg.

“Sekarang di kedua tambang itu sudah tidak ada lagi penambangan?” tanya Presiden.

“Sudah tidak ada penambangan 100 persen di Etsberg dan Grasberg. Sekarang sedang reklamasi dan kita me-maintain kestabilan lerengnya,” ucap Tony.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X