Pemerintah Akan Berlakukan Uang Rupiah Digital. Begini Cara Distribusinya

- Kamis, 25 Agustus 2022 | 13:51 WIB
Bank Indonesia (BI) merilis tujuh pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022. (Dok YouTube Bank Indonesia)
Bank Indonesia (BI) merilis tujuh pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022. (Dok YouTube Bank Indonesia)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Dalam waktu ke depan pemerintah Indonesia akan memberlakukan uang rupiah digital untuk transaksi di masyarakat. Penggunaan uang digital tersebut melengkapi peredaran uang rupiah fisik.

Terkait kebijakan itu saat ini pemerintah tengah mencari perusahaan sistem pembayaran yang akan mendistribusikan rupiah digital. Hal itu disampaikan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo kepada wartawan, Kamis 25 Agustus 2022.

"Platform distribusinya nanti akan menggunakan Distributed Ledger Technic (DLT)) blockchain dan perbankan yang ditunjuk akan memiliki dua akun, akun digital dan akun standar," kata Perry.

Baca Juga: Hadapi Situs Judi Online, Menkoinfo : Diblokir Satu Tumbuh Seribu

Dikutip dari laman rri.co.id, peran bank Indonesia (BI), kata Perry, nantinya selaku bank sentral akan mendistribusikan rupiah digital lewat sistem perbankan terpilih. Nantinya bank terpilih ditunjuk BI untuk mendistribusikan rupiah digital secara grosir.

"Artinya hanya kepada perbankan dan perusahaan sistem pembayaran yang besar. Di dunia sebenarnya terdapat dua pilihan untuk mendistribusikan mata uang digital bank sentral atau central bank digital currency (CBDC)," ujarnya.

"Pertama, bank sentral hanya berfokus pada sistem grosir dengan memilih pemain besar secara systemic, yang berarti berhubungan dengan suatu sistem atau susunan yang teratur," katanya menambahkan.

Sedangkan pilihan kedua, ucap dia, yakni perbankan dan perusahaan sistem pembayaran diamanatkan untuk mendistribusikan secara ritel. Sehingga hal tersebut bisa efektif dalam sisi regulasi.

"Bank sentral lainnya di dunia cenderung memilih keduanya, yakni grosir dan ritel," ujarnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X