Jaga Stabilitas Harga Pangan, Gubernur BI Tekankan 3 Sinergitas Antar Kebijakan

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 22:24 WIB
Gubernur BI Ungkap Tiga Sinergi Kebijakan untuk Stabilisasi Harga dan Ketahanan Pangan Nasional (Foto: Humas Setkab)
Gubernur BI Ungkap Tiga Sinergi Kebijakan untuk Stabilisasi Harga dan Ketahanan Pangan Nasional (Foto: Humas Setkab)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Stabilitas harga dan ketahanan pangan dapat terjaga jika adanya kebijakan yang dilakukan secara sinergis antar pemangku kepentingan baik pusat maupun daerah.

Dalam sinergitas tersebut Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan tiga sinergi antarkebijakan yang dilakukan.

Pertama, sinergi untuk mengatasi inflasi pangan. Perry mengungkapkan pada bulan Juli inflasi pangan mencapai 11,47 persen sementara inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) 4,94 persen.

Baca Juga: Harga Pangan Secara Nasional Stabil. Inflasi di Angka 4,9 Persen

Menurut Perry, BI bersama dengan pemerintah telah melakukan gerakan nasional pengendalian inflasi pangan di berbagai daerah.

“Dalam gerakan nasional pengendalian inflasi pangan ini, ada operasi untuk ketersediaan makanan, kerja sama antardaerah dari yang surplus ke yang defisit, supaya memang betul-betul arus barang itu bisa teratasi. Kemudian juga, penggunaan anggaran di daerah, anggaran darurat itu bisa dilakukan,” ujar Perry.

Lebih lanjut Perry berharap, adanya gerakan yang sinergis antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan BI Perry maka inflasi pangan agar segera terkendali.

“Insyaallah ini dalam bulan-bulan yang akan datang inflasi pangan terkendali. Insyaallah kalau inflasi pangan kita bisa turunkan dari 11,47 (persen) menjadi maksimal 5 persen atau 6 persen, artinya daya beli masyarakat semakin baik dan juga inflasi kita terkendali,” ujarnya.

Kedua, adalah kebijakan fiskal. Pemerintah telah menggelontorkan subsidi untuk mengurangi dampak kenaikan harga energi global terhadap masyarakat.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X