Harga Pangan Secara Nasional Stabil. Inflasi di Angka 4,9 Persen

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 21:30 WIB
Airlangga Hartarto (Istimewa)
Airlangga Hartarto (Istimewa)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Saat ini harga sejumlah komoditas pangan secara nasional di Indonesia sudah relatif stabil. Meski demikian inflasi tetap terjadi di angka 4,94 persen. Tingkat inflasi itu dipengaruhi oleh faktor harga komoditas global dan tekanan inflasi yang terjadi di beberapa daerah.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartanto dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2022. Acara itu berlangsung di Istana Negara, Kamis 18 Agustus 2022 pagi yang diawali dari pengarahan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Kemendagri: Tahun 2023, Madrasah Dikucuri Dana dari APBD. Ini Dasarnya

Menurut Airlangga harga beras dan daging sudah dalam kondisi stabil.

“Harga pangan per hari ini relatif sudah stabil. Harga beras itu juga rata-rata masih kuat sekitar Rp10 ribu, daging sapi dan daging ayam pun sudah turun harganya. Demikian pula terkait dengan gula pasir, bawang merah, bawang putih, cabai merah, itu seluruhnya turun,” ujar Airlangga.

Lebih lanjut Airlangga menambahkan, volatile food sudah relatif terkendali dibandingkan saat Lebaran tahun 2022 kemarin di mana terjadi kenaikan permintaan.

Terkait inflasi, Airlangga menyampaikan inflasi pada Juli 2022 berada di angka 4,94 persen. Tingkat inflasi ini dipengaruhi oleh faktor harga komoditas global dan tekanan inflasi yang terjadi di beberapa daerah.

“Inflasi kita 4,94 persen di bulan Juli 2022. Inflasi di paruh waktu 2022 faktornya selain komoditas global juga cuaca kemudian juga terkait dengan tekanan inflasi oleh beberapa daerah dan juga terkait dengan produksi,” ujarnya.

Baca Juga: Bank Indonesia Luncurkan Tujuh Pecahan Uang Rupiah Kertas Baru Emisi 2022

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X