Di Indonesia Tiap Tahun Pangan yang Terbuang Mencapai 48 Juta Ton

- Senin, 15 Agustus 2022 | 19:53 WIB
Kepala Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA), Arief Prasetyo Adi  / rri.co.id
Kepala Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA), Arief Prasetyo Adi / rri.co.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Di Indonesia mengalami masalah pengelolaan pangan yang sangat boros. Dampaknya setiap tahun makanan yang terbuang sia-sia sebanyak 23-48 juta ton. Masalah itu terjadi selama rentang tahun 2000 hingga 2019. Makanan yang terbuang tersebut dihitung dari makanan berlebihan yang tidak habis dikonsumsi, dan bahan pangan yang membusuk.

Data di atas berdasarkan catatan Badan Pangan Nasional. Padahal makanan yang terbuang sia-sia tersebut memiliki potensi untuk memberi makan pada 61-125 juta orang.

Baca Juga: Indonesia Berhasil Swasembada Beras. Ini Data Produksi Beras Tiap Tahunnya

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA), Arief Prasetyo Adi di Sarinah Jakarta, Senin 15 Agustus 2022.

"Menurut kajian Bappenas, Food Loss and Waste (FLW) di Indonesia pada tahun 2000-2019 berkisar 23-48 juta ton/tahun. Setara dengan 115–184 kg/kapita/tahun," kata Arief.

Lebih lanjut Arief mengungkapkan, dari total sampah makanan yang terbuang iu jika dikalkulasi sama dengan kerugian ekonomi sebesar Rp 213-551 triliun per tahunnya. Untuk itu ia mengajak masyarakat untuk mengurangi makanan yang terbuang.

Di sisi lain, di tengah Pemborosan makanan, puluhan kebupaten dan kota di Indonesia dalam situasi rawan pangan dan gizi. Badan Pangan Nasional mencatat ada 74 kabupaten/kota masuk rawan pangan, atau 14 persen dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Berkomitmen Sediakan Pangan Nasional Sekaligus Dunia

Dikutip dari laman rri.co.id, ia menegaskan salah satu ketahanan nasional Indonesia berasal dari pangan. Maka Arief mendorong gerakan zero waste (tidak ada sampah) makanan dan diterapkan di berbagai retail sehingga menjadi budaya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X